TUTORIAL KOMPUTER
  • 10 Virus Komputer Paling Mematikan Di Dunia
  • Kunci Mempercepat Acces Komputer
  • MENGENAL SISTEM KOMPUTER
  • Sejarah Perkembangan Komputer
  • Informasi computer terkini
  • Mengenal System Software
  • Mengupas Masalah Motherboard
  • Mengupas Detail Tentang CPU
  • Kode Mempercepat Editing Paragraf
  • Memproteksi Folder Dengan Password
  • Macam-Macam Perintah Pada Run Commands
  • Mempercepat Waktu Shutdown
  • Ubah Tampilan Windows
  • Kode Akses Siemens
  • Kode Akses Samsung
  • Kode Akses Sony Ericsson
  • Kode Akses Nokia
  • Seni Photoshop ( Angan Merokok )
  • Menyembunyikan Menu Help Pada Start Menu
  • Menyembunyikan Menu Document Pada Start Menu
  • Menyembunyikan menu Find pada Start Menu
  • Mengembalikan Folder Documents Yang Hilang
  • Memproteksi File
  • Mengganti Icon Drive
  • Mengganti Alignment Pada Drop Down Menu
  • Disable Klik Kanan Pada Taskbar
  • Disable Klik Kanan Pada Dekstop & Explorer
  • Menyembunyikan Menu Start Menu
  • Persentasi Antara Flash Dan Power Point
  • Mengganti Screen Saver Lewat Registry
  • Menghilangkan Username Pada Start Menu
  • Menampilkan Administrator Di Welcome Screen
  • Menyembunyikan My Recent Documents
  • TUTORIAL HACKER
  • Bad Unicode
  • Cara Skip Win Registrasi XP
  • Craking Dengan F.A.R.A.B.I
  • DoS, Serangan yang Belum Tertangkal
  • Hack Dan Prinsip Dasar Psikologis Hack
  • Hacking NT Server Melalui Remote Data Service
  • 95% Web Server Di Dunia has been dead
  • Hacking Web Site with cart32.exe installed
  • Konsep Lain Menjebol Server Webfroot Shutbox
  • Istilah Teknologi Informasi Bahasa Indonesia
  • Mendapatkan account ISP gratis!
  • Mendapatkan Serial Number WinZip 8.1
  • Menghilangkan Password Bios
  • Mengintip Password Linux
  • Menjebol Apache Web Server Melalui Test-Cgi
  • Menjebol Server Melalui Service FTP
  • Pembobolan 1000 Kredit Card di Step-up
  • Penjebolan Server Melalui FTP
  • Hati-hati DLM Mengetikkan Klikbca.Com
  • VIRUS M HEART
  • Bongkar Password Microsoft Acces
  • BUG TELKOMSEL & (FREE Phone ke-CYPRUS
  • Cara Efisien Mendapatkan Puluhan Ribu Email
  • Cara Sederhana membuat virus PHP
  • Cara Singkat Menginfeksi Openssh-3.4p1 Z
  • Cracking GateKeeperm
  • HACKING FOR BEGINNER
  • Hack Windows NT2000XP Admin Password
  • Melewati pembatasan hak akses warnet
  • Melindungi Data dari SQL Injection
  • memainkan fungsi tombol HP
  • Membedah Teknik SQL Injection
  • Bongkar key Windows Dengan @ stake LC4
  • Meminimalkan Biaya Saat menelpon Di Wartel
  • Menangani Virus Lohan
  • MENGACAK-ACAK REGISTRY WARNET
  • Mengelabui Pengejar Hacker
  • Meng-Hack Pesawat Telepon Yang Terkunci
  • Meng-hack PHP-BUg's
  • Kelemahan pasword & login yahoo pd Cgi
  • Trik Penjebolan Sites
  • Ragam Hacking Menggunakan Google
  • Rahasia Teknik Serangan SQL Injenction
  • Teknik Pembuatan Virus Makro Pd XP
  • Seni Internet, Googlingg
  • Situs Hacker Yang Ikut Bermasalah
  • Teknik Hacking Situs KPU Dr segla arah
  • Teknik Menyusup Ke TNP Center KPU
  • Tip N Trik Telephon Gratis Musso
  • Trik Mereset Password Windows 9x
  • TUTORIAL BLOG
  • Menuliskan Script di Blog
  • Membuat Artikel Terkait/Berhubungan
  • Membuat Feed di Blog Dengan Javascript
  • Membuat Navigasi Breadcrumb di Blog
  • Membuat Meta Deskripsi di Halaman Blog
  • Membuat Readmore Versi 1
  • Membuat Read More Otomatis di Blog
  • Membuat Read More Versi 2
  • Membuat Tabs Menu Horizontal
  • Membuat Menu Tab View
  • Membuat Menu Vertikal
  • Cara Memasang Musik Pada Blog
  • Membuat Template Blog Hasil Buatan Sendiri
  • Buat Threaded Comment dgn Intense Debate
  • Membuat Menu DTree
  • Membuat Tab Menu Dengan Banyak Style
  • Menambah Toolbar Baru di Blogspot
  • Cara Membuat Tabel di Blog
  • Cara Membuat Tulisan Berjalan
  • Melakukan Backup Website atau Blog
  • Mendapatkan Free Hosting
  • Membuat Widget Status Twitter pada Blog
  • Manampilkan Profil Facebook di Website (blog)
  • Membuat Avatar Komentar Pada Blogger
  • Membuat Halaman Contact Me pada Blogspot
  • Cara Membuat Status Yahoo Messenger di Blog
  • Mendapatkan Layanan Google Friend Connect
  • Membuat Nomor Page Posting Di Blog
  • Tips dan Trik Menambah Kolom Di Blog
  • Mengatasi "Invalid Widget ID" pada Blogger
  • Membuat Slide Show Album Foto di Blog
  • Membuat Kotak Komentar dibawah Posting
  • Cara Membuat Kotak Link Exchange
  • Membuat Link Download
  • Cara Membuat Dropdown Menu
  • Cara Membuat Buku Tamu
  • Trik Memproteksi Blog
  • Cara Membuat Search Engine
  • Membuat Kategori / Label di Blogger
  • Menghilangkan Navbar (Navigation Bar)
  • Memasang Emoticon di Kotak Komentar
  • Menambah Emoticon di Shoutbox
  • Pasang Jam di Sidebar
  • Memasang Pelacak IP Address
  • Mengganti Tulisan "Older Post / Newer Post"
  • Memasang Alexa Traffic Rank
  • Memasang Tombol Google Buzz
  • Cara Membuat Cursor Animasi
  • Menyembuyikan Buku Tamu
  • 5 Cara Terbaik Mendapatkan Uang Dari Blog
  • Blogging Cepat Dengan BlogThis!
  • 21 Posts Separator Images
  • Mengganti Link Read More Dgn Gambar
  • Cara Menampilkan 10 Artikel Di Recent Posts
  • Offline Blogging Dgn Windows Live Writer
  • Cara Memasang Jadwal Sholat
  • Cara Membuat Daftar Isi Blog Otomatis
  • Membuat Daftar Isi Blog Manual
  • Iklan Google Adsense Di Tengah Artikel
  • Membuat Link Warna - Warni
  • Meletakkan Widget Di Bawah Header
  • Membuat Kotak Scrollbar
  • Memasang Video Di Artikel
  • Kode Warna HTML
  • Home » » KONSEP PENDIDIKAN IBN MISKAWAIH

    KONSEP PENDIDIKAN IBN MISKAWAIH

    Riwayat hidup
    Nama kepanjangannya adalah Ahmad ibn Muhammad ibn Ja’qub ibn Miskawaih, panggilannya Abu Ali al – Khazin. Mengenai kelahirannya tidak diketahui dengan pasti, ada yang berpendapat tahun 320 H / 932 M, namun ada yang mengatakan tahun 330 H / 941 M di Ray (sekarang Teheran). Ia mempelajari sejarah yaitu Tarikh al – Thabari dari Abu bakar Ahmad ibn Khamil al-Qadhi pada tahun 350 H / 960 M, kemudian belajar filsafat dengan berguru kepada Ibn al-Khamar; kimia dari Abu al Thayyib al-Razi.
    Ibnu Miskawaih hidup bersama Abu Fadhl ibn al-Amid (seorang ahli pustaka) pada tahun 360 H / 970 M, sesudah pustakawan itu meninggal, lalu ia mengabdi pada putranya yang bernama Abu al-fath Kifayatain dan akhirnya Ibnu Miskawaih mengabdi kepada Adhuh al-Daulah dari Bani Buwaih yang masih keturunan bangsawan kerajaan Persi. (Widyastini, 2004: 52).          
    ibn Miskawaih dikenal sebagai sejarawan besar yang kemasyhurannya melebihi pendahulunya, At Thabari. Ia juga dikenal sebagai dokter, penyair dan ahli bahasa. Keahlian Ibn Miskawaih dalam berbagai bidang ilmu tersebut antara lain dibuktikan dengan karya tulisnya berupa buku dan artikel. Jumlah buku dan artikel yang berhasil ditulis oleh Ibn Miskawaih ada 41 buah.
                Dari uraian tersebut diatas segera dapat diketahui bahwa ibn miskawaih merupakan seorang intelektual muslim pertama di bidang filsafat akhlak. Keahliannya dalam bidan akhlak tersebu dapat dilihat lebih lanjut dalam konsep pendidikan yang dirumuskan sebagaimana akan diuraiakan dibawah ini.
    b. konsep pendidikan ibn miskawaih.
    1.      Konsep pendidikan.
    Bertolak dari dasar pemikiran tersebut. Ibn miskawaih membangun konsep pendidikan yang bertumpu pada pendidikan akhlak disini terlihat dengan jelas bahwa karena dasar pemikiran ibn miskawaih dalam bidang akhlak. Maka konsep pendidikan yang dibangunnya pun adalah pendidikan akhlak. Konsep pendidikan akhlak dari ibn miskawaih ini selengkapnya dapat dikemukakan sebagai berikut.
    1.1. Tujuan pendidikan akhlak
    Tujuan pendidikan akhlak yang dirumskan ibn miskawaih adalah terwujudnya sikap batin yang mampu mendorong secara spontan untuk melahirkan semua perbutan yang bernilai baik. Sehingga mencapai kesempurnaan dan memperoleh kebahagiaan sejati dan sempurna. Dengan alsanini maka hamda abd al-hamid. As-syair dan muhamad yusuf musa menggolongkan ibn miskawaih sebagai filosof yang bermazhab as-sa’adat di bidang akhlak, al-sa’adat memang merupakan persoalan utama dan mendasar bagi hidup manusia dan sekaligus bagi pendidikanakhlak. Makna al –sa’adat sebagaimana dinyatakan m. Abdul hak ansari tidak mungkin dapat dicari padanan katnahy dalambahasa inggris walaupun secara umum diartikan sebagai bappines. Menurutnya as-sa’adat merupakan konsep komprenhensif yang didalamnya terkandung unsr kebahagiaan ( happines). Kemakmuran (prosperty), keberhasilan (succes), kesempurnaan (perfection), kesenangan ( blessedness), dan kecantikan ( beatitude)
    Berdasarkan uraian tersebut diatas, maka tujuan pendidikan yang ingin dicapai ibn miskawaih bersifat menyeluruh, yakni mencakup kebahagiaan hidup manusia dalam arti yang seluas-luasnya.

    1.2.Materi pendidikan akhlak
    Untuk mencapai tujuan yangtelah  dirumuskan, ibn miskawaih menyebutkan beberapa hal yang perlu dipelajari. Diajarkan. Atau dipraktekkan. Sesuai dengan konsepnya tentang manusia. Secara umum ibn miskawaih menghendaki agar semua sis kemanusiaan mendapatkan materi didikan ang memgberi jalan bagi tercapainya tujaun pendidikan. Mater-materi dimaksud oleh ibn miskawaih di abdikan pula sebagai bentuk pengabdian kepada allah swt.
                Sejalan dengan uraian tersebut diatas. Ibn miskawaih menyebutkan tiga hal pokok yang dapat dipahami sebagai materi pendidikan akhlaknya. Tiga hal pokok tersebut adalah
    a.       Hal-hal yang wajib bagi kebutuhan tubuh manusia.
    b.      Hal-hal yang wajib bagi jiwa, dan
    c.       Hal-hal yang wajib bagi hubungan dengan sesama manusia
    Ketiga pokok materi tersebut menurut ibn miskawaih dapat diperoleh dari ilmu-ilmu yang secara garis besar depat dikelompokan  menjadi du. Prtam ilmu-ilmu yang berkaiatn dengan pemikiran yang selanjutany disebut al –ulum al fikriyah dan kedua ilmu-ilmu yang berkaitan denga indera yang selanjutnya desebtu al-ulum al bisshyatl berbeda dengan al-ghazali. Ibn miskawaih antara lain shalat. Puasa dan sa’i. Ibn miskawaih tidak memberi penjelasan lebih lanjut terhadap contoh yang diajukan ini.
    Hal ini barangkali didasarkan pada perkiraanya bahwa tanpa uraian secara terperinci pun orang sudah menangkap maksudnya. Gerakan – gerakan shalat secara teratur yang paling sedikit dilakukan lima kali sehari seperti mengangkat tangan, berdir , ruku, dan sujud memang memiliki unsur olah tubuh.shalat sebagai jenis oleh tbuh akan dpaat lebih dirasakan dan disadari sebagai olah tubuh (gerak badan ) bilamana dlaam berdiri, rukun dan sujud dilakukan dalam tempo yang agak lama.
    Selanjutnya materi pendidikan akhlak yang wajib dipelajari bagi keperluan jiwa. Dicontohkan oleh ibn miskawaih dengan pembahasan tentang akidah yang benar. Mengesakan allah dengan segalah kebesaranya, serta motivasi untuk senang kepada ilmu. Adapun materi yang terkait dengan keperluan manusia terhadap manusia lain. Dicontohkan dengan materi dalam ilmu muamalat, pertanian, perkawinan, saling menasihati, peperangan dan lain-lain.
    Selanjutnya karena materi-materi tersebut selalu dikaitakan dengan pengabdian kepada tuhan, maka apa pun materi yang terdapat dalam suatu ilmu yang ada, asal semuanya tidak lepas dari tujuan pengabdian kepada tuhan. ibn miskawaih tampak akan menyetujuinya. Ia menyebut misalnya ilmu nahwu (tata bahasa). Dalam rangka pendidikan ahklak, ibn miskawaih sangat mementingkan materi yang ada dalam ilmu ini, karena materi yang ada dalam ilmu ini akan membantu manusia untuk lurus dalam berbicara. Demikian pula materi yang ada dalam ilmu manthiq (logika) akan membantu manusia untuk lurus dalam berpikir. Adapun materi yang terdapat dalam ilmu pasti seperti ilmu hitung ( al-hisab), dan geometri ( albandasat) akan membantu manusia untuk terbiasa berkata benar dan benci kepalsuan. Sementara itu sejarah dan sasatra akan membantu manusia untuk berlaku sopan. Materi yang ada dalam syari’at sangat ditekankan oleh ibn miskawaih. Menutnya, dengan mendalami syari’at, manusia akan teguh pendirian, terbiasa berbuat yang diridlai tuhan. Dan jiwa siap menerima hikmat hingga mencapai kebahagiaan (as-sa’dat).
    Dari uraian tersebut diatas terkesan bahwa tujuan pendidikan akhlak yang dirumuskan ibn miskaawaih memang terlihat mengarah kekpada terciptanya manusia agar menjadi filosof. Karena itu ia memberi jalan agar seseorang memahami materi yang terdapat dalam beberapa ilmu tertentu. Dalam hubungan ini ibn miskawaih dalam beberapa ilmu tertentu. Dalam hubngan ini ibn miskawaih memberikan uraian tentang sejumlah ilmu yang dipelajari agar seseoarang menjadi filosof. Karena itu, ia memberi jalan agar sesorang memhami materi yang terdapt dalam beberapa ilmu tertentu, dalam hubungan ini ibn miskawaih memberikan uraian tentang sejumlah ilmu yang dipelajari agar seseorang menjadi filosof. Ilmu tersebut adalh
    a.       Matematika
    b.      Logika
    c.       Ilmu kealaman
    Menurutnya seseorang baru dapat dikatakan filosof apabila sebelumnya telah mencapai predikat muhandis, munajjim, thabib, manthiqi, atau nahwi, dll.
    Selain materi yang terdapat dalam ilmu-ilmu tersebut. Ibn miskawaih juga menganjurkan seseorang agar mempeljari buku-buku yang khusus berbicara tentang akhlak agar dengan itu manusia akan mendapat motivasi yang kuat untuk beradab.
    Pendapat ibn miskawaih diatas lebih jauh mempunyai maksud agar setiap guru/pendidik, apa pun materi bidang ilmu yang diasuhnya harus diarahkan untuk terciptanya akhlak yang mulia bagi diri sendiri dan murid-muridnya. Para guru/pendidik dipandang oleh ibn miskawaih mempunyai kesempatan baik utnuk memberi nilai lebih pada setiap bidang ilmu bagi pembentukan pribadi mulia.
    Sebagaimana telah diuraikan sebelumnya, bahwa ibn miskawaih memberi makna kejasmanian terhadap sesuatu yang sudah pasti bernilai kerohanian. Untuk perintah shalat dan puasa misalnya, dikaitkan dengan kesehatan tubuh, kegiatan ritual lainnya seperti haji,sholat jum’at dan shalat berjama’ah. Ia terjemahkan sebagai upaya utuk membantu manusia mengembangkan cinta kepada sesama dan rasa persahabatan yang fitrawi agar manusia tidak saling berselisih. Hal ini sangat berbeda dengan pendapat al-ghazali tentang manfaat shalat yang dinilai semata-matantuk keuntungan jiwa individual.
    Apabila dianalisa secara seksama terlihat terlihat. Bahwa berbagai ilmu yang diajarkan dalam kegiatan pendidikan seharusnya tidak diajarkan semat-mata karena ilmu itu sendiri, atau tujuan akademik semata-mata, tetapi karena tjuan lain yang lebih substansial. Pokok dan hakiki, yaitu akhlak yang mulia. Dengan kata lain setipa ilmu membawa misi akhlak yang mlia, dan bkah semat-mata ilmu dengan cara demikian. Semakin banyak dan tinggi ilmu seseorang maka akan semakin tinggi pula akhlaknya.
    Namun melihat sisi akhlak yang terdapat dalam setiap ilmu yang diajarkan diperlukan adanya kemampuan metodologi dan pendekatan dalam penyampaian setiap ilmu. Seseorang yangmengajarkan ilmu matematika atau fisika misalnya, selain dapat menggunkan pendekatan keilmuan, juga dapat menggunakan pendekatan secara integrated. Yaitu dengan melihat ilmu tersebut dengan cara demikian seseorang yang mempelajrai ilmu tersebut selain memiliki keahlian dlaam matematika dan fisika utnuk ke perluan hitungan bagi kepentingan pembangunan misalnya juga dapat memiliki akhlak yang mulia.
    Referensi       
    http://ahmadsidqi.wordpress.com/2011/04/25/hakikat-manusia-menurut-ibnu-miskawaih/  
    http://www.wartaislam.com/index.php?option=com_content&view=article&id=1585:ibnu-miskawaih-mendorong-pendidikan-sejak-dini-&catid=28:khazanah&Itemid=410
    http://id.shvoong.com/humanities/history/2248653-tokoh-pendidikan-islam-riwayat-hidup/
    http://www.perkuliahan.com/pemikiran-ibnu-miskawaih-tentang-pendidikan-pada-anak/
    Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Support : Creating Website | Tutorq Template | Template
    Copyright © 2011. FAROUQ'S - All Rights Reserved
    Template Modify by Creating Website
    Proudly powered by Blogger