Komputer terdiri dari beberapa bagian antara lain: Hardware
(perangkat keras), software (perangkat lunak) dan brainware (manusia yang meng-operasikan
komputer). Makalah ini akan membahas seputar software. Software merupakan
program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai
dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang
dimengerti oleh komputer. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu:
1. Sistem Operasi (Operating System)
Sistem Operasi atau Operating
System adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat
yang terpasang pada komputer sehingga masing-masing software dapat saling
berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputer tak dapat difungsikan
sama sekali. Diantara macam-macam oprating system adalah:
a.
DOS (Disk Operating System)
Dikembangkan
pada awal 1980-an untuk PC, pada awalnya DOS menggunakan interface
command-line kemudian dilengkapi dengan menu.
b.
Unix
Sebagian
besar versi menggunakan GUI. Tersedia untuk komputer dengan berbagai ukuran.
c.
Mac OS X
Mac OS X Operating Systems hanya tersedia pada
komputer produk Apple.
d.
Windows
Windows telah melalui beberapa tahap perkembangan
dengan berbagai macam versi, yaitu: [1]
1. Windows 3.x 1990
2. Windows NT 3.1 1993
3. Windows 95 1995
4. Windows NT Workstation 4.0 1996
5. Windows 98 1998
6. Windows Millennium Edition 2000
7. Windows 2000 Professional 2000
8. Windows XP 2001
9. Windows XP SP2 2004
10.
Windows Vista 2006
2. Program Utility
Program
Utility adalah perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya
pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang
rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag),[2] misalnya:
PC Tools, Norton Utility, Scandisk, Acronis Disk Director, Partition Magic, dll.
3. Program Aplikasi
Program
Aplikasi merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu,
seperti program gaji pada suatu perusahaan. Maka program ini hanya digunakan
oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan oleh departemen yang lain.
Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer komputer sesuai
dengan permintaan /kebutuhan seseorang /lembaga /perusahaan guna keperluan
internnya. Misalnya : GL, MYOB, Payroll, SAP, dll.
4. Program Paket
Adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat
digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. Seperti MS-Word, dapat
digunakan oleh departemen keuangan untuk membuat nota, atau bagian administrasi
untuk membuat surat penawaran dan lain sebagainya. Misalnya: Microsoft Word,
Microsoft Excel, Lotus 125, dll.
5. Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman merupakan software
yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem
operasi, program paket dll. Bahasa pemrograman ini biasanya dibagi atas 3
tingkatan, yaitu :
- Low Level
Language
Bahasa pemrograman generasi pertama,
bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya
menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja.
- Midle
Level Language
Merupakan bahasa pemrograman tingkat
menengah dimana penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari,
walaupun begitu masih sulit untuk di mengerti karena banyak menggunakan
singkatan-singkatan seperti STO artinya simpan (singkatan dari STORE) dan MOV
artinya pindah (singkatan dari MOVE).Yang tergolong kedalam bahasa ini adalah
Assembler, ForTran (Formula Translator).
- High Level
Language
Merupakan bahasa tingkat tinggi yang
mempunyai ciri mudah dimengerti, karena menggunakan bahasa sehari-hari, seperti
BASIC, COBOL, dBase, Pascal, C++, Delphi, VB, Foxpro, dll.
6. Game
Dari segi tekhnik, game adalah sistem tertutup yang menggambarkan
kehidupan nyata. Disebut sistem karena game itu sendiri secara langsung adalah
replikasi dari kehidupan nyata dan disebut tertutup karena peraturan-peraturan
dan batasan-batasan yang terdapat di dalamnnya. Bisa dibilang bermain game
adalah cara yang aman untuk mencoba menjalani jenis kehidupan nyata yang lain.
Dari menembaki monster-monster kejam, memimpin seribu pasukan militer, menjadi
petani, menjadi walikota, menjadi pilot pesawat komersial Being 747 sampai
menjadi eksekutif muda yang senang mewujudkan keinginannya dengan uang hasil
jerih payah ayahnnya.
Pemain melihat suatu game sebagai perwujudan alam fantasi
pribadinnya. Game menggambarkan kenyataan secara subyektif, bukan obyektif.
Game adalah tidak nyata secara obyektif, namun mereka nyata bagi pemain secara
subyektif. Sesuatu yang nyata tersebut adalah fantasi si pemain, yang akan
membentuk eksistensi dari pemain. Jadi, fantasi dan eksistensi pemain memiliki
peran yang sangat penting dalam game apapun untuk membuat game tersebut menjadi
nyata secara psikologi.[3]
Referensi
sistem-operasi-dan-program-utility, Kartika Firdausy
http://planet.informatika.web.id/?author=28
0 komentar:
Posting Komentar