TUTORIAL KOMPUTER
  • 10 Virus Komputer Paling Mematikan Di Dunia
  • Kunci Mempercepat Acces Komputer
  • MENGENAL SISTEM KOMPUTER
  • Sejarah Perkembangan Komputer
  • Informasi computer terkini
  • Mengenal System Software
  • Mengupas Masalah Motherboard
  • Mengupas Detail Tentang CPU
  • Kode Mempercepat Editing Paragraf
  • Memproteksi Folder Dengan Password
  • Macam-Macam Perintah Pada Run Commands
  • Mempercepat Waktu Shutdown
  • Ubah Tampilan Windows
  • Kode Akses Siemens
  • Kode Akses Samsung
  • Kode Akses Sony Ericsson
  • Kode Akses Nokia
  • Seni Photoshop ( Angan Merokok )
  • Menyembunyikan Menu Help Pada Start Menu
  • Menyembunyikan Menu Document Pada Start Menu
  • Menyembunyikan menu Find pada Start Menu
  • Mengembalikan Folder Documents Yang Hilang
  • Memproteksi File
  • Mengganti Icon Drive
  • Mengganti Alignment Pada Drop Down Menu
  • Disable Klik Kanan Pada Taskbar
  • Disable Klik Kanan Pada Dekstop & Explorer
  • Menyembunyikan Menu Start Menu
  • Persentasi Antara Flash Dan Power Point
  • Mengganti Screen Saver Lewat Registry
  • Menghilangkan Username Pada Start Menu
  • Menampilkan Administrator Di Welcome Screen
  • Menyembunyikan My Recent Documents
  • TUTORIAL HACKER
  • Bad Unicode
  • Cara Skip Win Registrasi XP
  • Craking Dengan F.A.R.A.B.I
  • DoS, Serangan yang Belum Tertangkal
  • Hack Dan Prinsip Dasar Psikologis Hack
  • Hacking NT Server Melalui Remote Data Service
  • 95% Web Server Di Dunia has been dead
  • Hacking Web Site with cart32.exe installed
  • Konsep Lain Menjebol Server Webfroot Shutbox
  • Istilah Teknologi Informasi Bahasa Indonesia
  • Mendapatkan account ISP gratis!
  • Mendapatkan Serial Number WinZip 8.1
  • Menghilangkan Password Bios
  • Mengintip Password Linux
  • Menjebol Apache Web Server Melalui Test-Cgi
  • Menjebol Server Melalui Service FTP
  • Pembobolan 1000 Kredit Card di Step-up
  • Penjebolan Server Melalui FTP
  • Hati-hati DLM Mengetikkan Klikbca.Com
  • VIRUS M HEART
  • Bongkar Password Microsoft Acces
  • BUG TELKOMSEL & (FREE Phone ke-CYPRUS
  • Cara Efisien Mendapatkan Puluhan Ribu Email
  • Cara Sederhana membuat virus PHP
  • Cara Singkat Menginfeksi Openssh-3.4p1 Z
  • Cracking GateKeeperm
  • HACKING FOR BEGINNER
  • Hack Windows NT2000XP Admin Password
  • Melewati pembatasan hak akses warnet
  • Melindungi Data dari SQL Injection
  • memainkan fungsi tombol HP
  • Membedah Teknik SQL Injection
  • Bongkar key Windows Dengan @ stake LC4
  • Meminimalkan Biaya Saat menelpon Di Wartel
  • Menangani Virus Lohan
  • MENGACAK-ACAK REGISTRY WARNET
  • Mengelabui Pengejar Hacker
  • Meng-Hack Pesawat Telepon Yang Terkunci
  • Meng-hack PHP-BUg's
  • Kelemahan pasword & login yahoo pd Cgi
  • Trik Penjebolan Sites
  • Ragam Hacking Menggunakan Google
  • Rahasia Teknik Serangan SQL Injenction
  • Teknik Pembuatan Virus Makro Pd XP
  • Seni Internet, Googlingg
  • Situs Hacker Yang Ikut Bermasalah
  • Teknik Hacking Situs KPU Dr segla arah
  • Teknik Menyusup Ke TNP Center KPU
  • Tip N Trik Telephon Gratis Musso
  • Trik Mereset Password Windows 9x
  • TUTORIAL BLOG
  • Menuliskan Script di Blog
  • Membuat Artikel Terkait/Berhubungan
  • Membuat Feed di Blog Dengan Javascript
  • Membuat Navigasi Breadcrumb di Blog
  • Membuat Meta Deskripsi di Halaman Blog
  • Membuat Readmore Versi 1
  • Membuat Read More Otomatis di Blog
  • Membuat Read More Versi 2
  • Membuat Tabs Menu Horizontal
  • Membuat Menu Tab View
  • Membuat Menu Vertikal
  • Cara Memasang Musik Pada Blog
  • Membuat Template Blog Hasil Buatan Sendiri
  • Buat Threaded Comment dgn Intense Debate
  • Membuat Menu DTree
  • Membuat Tab Menu Dengan Banyak Style
  • Menambah Toolbar Baru di Blogspot
  • Cara Membuat Tabel di Blog
  • Cara Membuat Tulisan Berjalan
  • Melakukan Backup Website atau Blog
  • Mendapatkan Free Hosting
  • Membuat Widget Status Twitter pada Blog
  • Manampilkan Profil Facebook di Website (blog)
  • Membuat Avatar Komentar Pada Blogger
  • Membuat Halaman Contact Me pada Blogspot
  • Cara Membuat Status Yahoo Messenger di Blog
  • Mendapatkan Layanan Google Friend Connect
  • Membuat Nomor Page Posting Di Blog
  • Tips dan Trik Menambah Kolom Di Blog
  • Mengatasi "Invalid Widget ID" pada Blogger
  • Membuat Slide Show Album Foto di Blog
  • Membuat Kotak Komentar dibawah Posting
  • Cara Membuat Kotak Link Exchange
  • Membuat Link Download
  • Cara Membuat Dropdown Menu
  • Cara Membuat Buku Tamu
  • Trik Memproteksi Blog
  • Cara Membuat Search Engine
  • Membuat Kategori / Label di Blogger
  • Menghilangkan Navbar (Navigation Bar)
  • Memasang Emoticon di Kotak Komentar
  • Menambah Emoticon di Shoutbox
  • Pasang Jam di Sidebar
  • Memasang Pelacak IP Address
  • Mengganti Tulisan "Older Post / Newer Post"
  • Memasang Alexa Traffic Rank
  • Memasang Tombol Google Buzz
  • Cara Membuat Cursor Animasi
  • Menyembuyikan Buku Tamu
  • 5 Cara Terbaik Mendapatkan Uang Dari Blog
  • Blogging Cepat Dengan BlogThis!
  • 21 Posts Separator Images
  • Mengganti Link Read More Dgn Gambar
  • Cara Menampilkan 10 Artikel Di Recent Posts
  • Offline Blogging Dgn Windows Live Writer
  • Cara Memasang Jadwal Sholat
  • Cara Membuat Daftar Isi Blog Otomatis
  • Membuat Daftar Isi Blog Manual
  • Iklan Google Adsense Di Tengah Artikel
  • Membuat Link Warna - Warni
  • Meletakkan Widget Di Bawah Header
  • Membuat Kotak Scrollbar
  • Memasang Video Di Artikel
  • Kode Warna HTML
  • Home » » MENGEMBANGKAN KTSP

    MENGEMBANGKAN KTSP

    Pengembangan kurikulum merupakan suatu proses yang komplek, dan melibatkan berbagai komponen, yang tidak hanya menuntut keterampilan teknis dari pihak pengembang terhadap pengembangan berbagai komponen kurikulum, tetapi harus pula dipahami berbagai fektor yang mempengaruhinya. Pengembangan itu memfokuskan pada pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang utuh dan terpadu, dan peserta didik dapat didemontrasikan sebagai wujud hasil belajar. Penerapan KTSP memungkinkan para guru merencanakan, melaksanakan, dan menilai kurikulum serta hasil belajar peserta didik dalam mencapai setandar kopetensi, dan kopetensi dasar, sebagai cermin penguasaan dan pemahaman terhadap apa yang dipelajari.
    A.    Pengembangan Kurikulum
                Pengembangan kurikulum mencakup beberapa tingkat, yaitu pengembangan kurikulum tingkat nasional, kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
    1. Pengembangan kurikulum tingkat nasional
    Kurikulum tingkat nasional atau yang disebut juga kurikulum yang disempurnakan dikembangkan dengan memperhatikan konteks pendidikan, yakni kebangkitan islam, otonomi daerah, millenium goals 2015 (globalisasi), demokratisasi, pembangunan berpenglanjutan, pengeembangn IPTEKS, dan ekonomi berbasis spiritual, mural, dan intelektual.
    Jalur pendidikan sekolah merupakn pendidikan yangdiselenggarakan di sekolah melalui kegiatan pelajaran secara berjenjang dan berkeseimbangan. Yang termasuk jalur ini adalah pendidikan umum, pendidikan kejuruan, pendidikan luar biasa, pendidikan kedinasan, pendidikan keagamaan, pendidikan akademik, dan pendidikan professional.
    1. Pengembang KTSP
    Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini adalah
    a)      Menganalisis
    b)      Merumuskan visi dan missi
    c)      Berdasarkan SKL, standar isi, visi, dan missi
    d)     Mengembangkan dan mengidentifikasikan tenaga-tenaga kependidikan
    e)      Mengidentifikasi fasilitas pembelajaran yang di perlukan untuk member kemudahan belajar

    1. pengembangan silabus
    setiap bidang studi pada berbagai satuan pendidikan harus diadakan pengembangn silabus, kegiatannya antaralain:
    a)      mengidentifikasikan standarkopetensi dan kopetensi dasar
    b)      mengembangkan kopetensi dasar dan materi standar yang diperlukan dalam pembelajaran
    c)      mengidentifikasikan kipetensi dasar serta mengelompokkannya sesuai dengan ruang lingkup dan urutannya
    d)     mengembangkan indicator untuk setiap kompetensi serta criteria pencapaiannya
    e)      mengembangkan instrument penilaian yang sesuai dengan indicator pencapaian kopetensi
    1. pengembangan renccana pelaksanaan pembelajaran
    Kegiatan pengembangan kurikulum pada tingkat ini adalah menyususn dan mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran atau persiapan mengajar.

    1. Kurikulum actual
    Kurikulum actual atau pelaksanaan pembelajaran adalah interaksi antara peserta didik dengan guru dan liingkungan bembelajaran. Dapat dikatakan bahwa bagaimanapun bagusnya suatu kurikulum maka aktualisasinya sangat ditentukan oleh professional guru dalam melakksanakan pembelajaran dn pembentukan kopetensi  peserta didik.
    1. Prinsiip Pengembangan KTSP
    a)      Berpusat pada potensi, pengembangan, serta kebutuhan peserta didik dan lingkungannya.
    b)      Beragam dan terpadu.
    c)      Tenggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, tenologi, dan seni.
    d)     Relevan dengan kebutuhan.
    e)      Menyeluruh dan berkesinambungan.
    f)       Belajar sepanjang hayat.
    g)      Seimbang antara kepentingan global, nasional, dan local.
    1. Strategi pengmbangan KTSP
    Strategi yang harus dipehatikan dalam pengembangan dan pelaksanaan KTSP, terutama berkaitan dengan sosialisasi KTSP di sekolah, menciptakan suasana yang kondusif, mengembangkan fasilitas dan sumber belajar, membina disiplin, mengembangkan kemandirian kepala sekolah, mengubah paradikma guru, serta memberdayakan staf.
    1. Sosialisasi KTSP
                Hal pertama yang harus diperhatikan dalam pengembangan dan pelaksanaan KTSP adalah mensosialisasikan KTSP terhadap seluruh warga sekolah, bahkan  terhadap masyarakatmdan orang tua peserta didik. Sosialisasi ini penting, terutama agar seluruh warga sekolah mengenal dan memahami visi dan misi sekolah, serta KTSP yang akan dikembangkan dan dilaksanakan.
    Sosialisasi perlu dilakukan secara matang kepada berbagai pihak agar dapat dipahami dan diterapkann secara optimal, karena sosialisasi merupakan langkah penting yang akan menunjang dan menentukan keberhasilan KTSP.
    1. Menciptakan suasana yang kondusif
    Iklim belajar yang kondusif merupakan tulang punggung dan factor pendorong yang dapat memberikan daya tarik tersendiri bagi proses belajar, sebaliknya iklim bellajar yang kerang menyenagkan akan menimbulkan kejenuhan dan rasa bosan.
    Untuk mencapai itu semua harus ditunjang oleh berbagi fasilitas yang menyenangkan, dan iklim yang menyenangkan akan membangtitkan semangat dan menumbuhkan aktifitas serta kreatifitas peserta didik. Pengembangan KTSP memerlukan ruangan yang fleksibel, serta mudah di sesuaikan dengan kebutuhan peserta didik.
    Iklim belajar yang kondusif antara lain dapat dikembangkan melalui berbagai layanan dan kegiatan sebagai berikut
    a)   Menyediakan pilihan bagi paserta didik yang lambat maupun yang cepat dalam melakuukan tugas pembelajaran.
    b)      Memberikan pembelajaran remedial bagi para peserta didik yang kurang berprestasi.
    c)  Mengembangkan organisasi kelas yang efektif, menarik, nyaman, dan aman bagi perkembangan potensi suluruh peserta didik secara optimal.
    d)     Menciptakan kerjasama saling menghargai.
    e)      Melibatkan peserta didik dalam proses perencanaan belajar dan pembelajaran.
    f)     Mengembangkan proses pembelajaran sebagai tanggungjawab bersama antara peserta didik dan guru.
    g)   Mengembangkan sistim evaluasi belajar dan bembelajaran yang menekankan pada evaluasi diri sendiri.

    3. Menyiapkan Sumber Belajar
                Yang dikembangkan antara lain laboratorium, pusat sumber belajar, dan perpustakaan serta tenaga pengelola yang professional. Sumber daya belajar perlu didayagunakan seoptimal mungkin, dipelihara dan disimpan dengan sebaik-baiknya. Kreatifitas guru dan peserta didik, perlu senantiasa ditingkatkan untuk membuat dan mengembangkan alat-alat pembelajaran serta alat peraga lain yang berguna bagi peningkatan pembelajaran. Yang mana ini merupakan kewajiban yang harus melekat pada setiap guru untuk berkreasi, berimprovisasi, berinisiatif dan inovatif.
                Sebagai guru juga harus bisa berinisiatif mendayagunakan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar yang lebih konkrit. Pendayagunaan lingkungan termasuk sebagai sumber belajar, misalnya memanfaatkan tanah, batu-batuan, tumbuh-tumbuhan, dan lain-lain. Kaitannya dengan proses pembelajaran, aktualnya dikembangkan ruang kelas untuk setiap rumpun pembelajaran yang dilengkapi dengan sumber belajar untuk pembentukan kompetensi peserta didik dan pencapaian tujuan pembelajaran.

    4. Membina Disiplin
                Bertujuan untuk membantu peserta didik menemukan diri, dan mencegah timbulnya problem-problem disiplin serta berusaha menciptakan situasi yang menyenangkan bagi kegiatan pembelajaran sehingga mereka mentaati segala peraturan yang ditetapkan.
    Dalam pengembangan KTSP, guru harus mampu membina disiplin peseta didik, terutama disiplin diri (self-discipline). Guru harus mampu membantu peserat didik, mengembangkan pola perilakunya, meningkatkan standar perilakunya dan melaksanakan aturan sebagai alat untuk menegakkan disiplin.

    5. Mengembangkan Kemandirian Kepala Sekolah
                Kepimimpinan yang efektif harus mwemiliki sikap mandiri, terutama dalam mengkoordinasikan, menggerakkan dan menselaraskan semua sumber daya pendidikan yang tersedia. Kemandirian dan profesionalisme kepala sekolah merupakan salah factor yang dapat mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran sekaolah melalui program-program yang terncana dan bertahap. Kemandirian kepala sekolah sangat diperlukan terutama dalam pengambilan keputusan yang menyangkut berbagai aspek pengembngan KTSP dan sarana penunjangnya.

    6. Membangun Karakter Guru  
    Sangat penting penagruhnya terhadap proses dan hasil balajar, bahkan sangat menentukan berhasil tidaknya peserta didik dalam belajar. Demikian halnya dengan pengembangan KTSP yang menuntut aktifitas dan kreatifitas guru dalam membentuk kompetensi pribadi peserta didik. Oleh karena itu, pembelajaran harus sebanyak mungkin melibatkan peserta didik, agar mereka mampu bereksplorasi untuk membentuk kompetensi dengan menggali berbagai potensi dan kebenaran secara ilmiah.
    KTSP dapat dikembangkan secara efektif dan dapat meningkatkan pembelajaran, maka guru harus memiliki hal-hal berikut:
    1.Memahami dan menguasai kompetensi dasardan hubungannya dengan kompetensi lain denagn baik;
    2.Menyukai apa yang diajarkannya dan menyukai mengajar sebagai suatu profesi;
    3.Memahami peserta didik, pengalaman, kemampuan dan prestasinya;
    4.Menggunakan metode yang bervariasi dalam mengajar dan membentuk kompetensi pserta didik;
    5.Mengikuti perkembangan pengetahuan mutakhir dan lain-lain.

    7.Memperdayakan Staf
    Dalam hal ini peningkatan produktifitas dan prestasi kerja dapat dilakukan dengan meningkatkan perilaku staf di sekolah melalui aplikasi bebagai konsep dan tekhnik manajemen personalia modern. Menejemaen staf di sekolah hrus ditujukan untuk memperdayakan staf secara efektif dan efisien untuk mencapai hasil yang optimal, namaun tetap dalam kondisi yang menyenagkan. Sehubungan dengan hal itu, fungsi manajemen staf disekolah yang harus dilaksanakan kepala sekolah adalah menarik, mengembangkan, mengaji, dan memotifasi staf guna mencapai tujuan pendidikan secara optimal, membanru staf mencapai posiosi dan standar perilaku, memasimalkan perkembangan karir, serta menyelaraskan tujaun individu, kelompok dan lembaga.

    D. Acuan Operasional Penyusunan KTSP
    Yakni sedikit penyusunannya mencakup 12 poin yaitu:
    1. peningkatan iman dan taqwa serta akhlak mulia. Kurikulum disusn yang bisa memungkinkan semua mata pelajaran dapat menunjang peningkatan iman dan takwa serta akhlak yang mulia.
    2. peningkatan potensi, kecerdasan, dan minta sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik, sehingga bisa memungkinkan pengemabangan keragaman potensi, minat, kecerdasan, intelktual, emosional, spiritual dan kinestik peseta didik.
    3. daerah yang memiliki keragaman potensi, kebutuhan tantangan dan keragaman karakteristik lingkungan, oleh karena itukurikulum harus memuat keragaman tersebut untuk menghasilkan lulusan yang dapat memberikan konstribusi bagi pengembangan daerah.
    4. Tuntutan pembangunan daerah dan nasional.
    5. Tuntutan dunia kerja, untuk membekali peserta didik memasuki dunia kerja sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik  dan kebutuhan dunia kerja, khususnya bagi mereka yang tidak bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.
    6. Perkembangan ilmu pengetahuan, tekhnolgi dan seni.
    7. Menigkatkan toleransi dan kerukunan antar beragama.
    8. Dinamika perkembangan global yang mampu bersaing dengan Negara lain.
    9. Memperkuat persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan untuk keutuhan bangsa.
    10. Memperhatikan kondisi sosila budaya masyarakat setempat.
    11. Mendorong bertumbuhnya kesetaraan jender.
    12. Mengembangkan karakteristik satuan pendidikan, untuk visi, misi, dan  tujuan.

    Aspek-aspek di atas harus dijadikan acuan oleh para pengembang kurikulum tingkat satuan pendidikan di sekolah masing-masing. 

    Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

    0 komentar:

    Poskan Komentar

     
    Support : Creating Website | Tutorq Template | Template
    Copyright © 2011. FAROUQ'S - All Rights Reserved
    Template Modify by Creating Website
    Proudly powered by Blogger