TUTORIAL KOMPUTER
  • 10 Virus Komputer Paling Mematikan Di Dunia
  • Kunci Mempercepat Acces Komputer
  • MENGENAL SISTEM KOMPUTER
  • Sejarah Perkembangan Komputer
  • Informasi computer terkini
  • Mengenal System Software
  • Mengupas Masalah Motherboard
  • Mengupas Detail Tentang CPU
  • Kode Mempercepat Editing Paragraf
  • Memproteksi Folder Dengan Password
  • Macam-Macam Perintah Pada Run Commands
  • Mempercepat Waktu Shutdown
  • Ubah Tampilan Windows
  • Kode Akses Siemens
  • Kode Akses Samsung
  • Kode Akses Sony Ericsson
  • Kode Akses Nokia
  • Seni Photoshop ( Angan Merokok )
  • Menyembunyikan Menu Help Pada Start Menu
  • Menyembunyikan Menu Document Pada Start Menu
  • Menyembunyikan menu Find pada Start Menu
  • Mengembalikan Folder Documents Yang Hilang
  • Memproteksi File
  • Mengganti Icon Drive
  • Mengganti Alignment Pada Drop Down Menu
  • Disable Klik Kanan Pada Taskbar
  • Disable Klik Kanan Pada Dekstop & Explorer
  • Menyembunyikan Menu Start Menu
  • Persentasi Antara Flash Dan Power Point
  • Mengganti Screen Saver Lewat Registry
  • Menghilangkan Username Pada Start Menu
  • Menampilkan Administrator Di Welcome Screen
  • Menyembunyikan My Recent Documents
  • TUTORIAL HACKER
  • Bad Unicode
  • Cara Skip Win Registrasi XP
  • Craking Dengan F.A.R.A.B.I
  • DoS, Serangan yang Belum Tertangkal
  • Hack Dan Prinsip Dasar Psikologis Hack
  • Hacking NT Server Melalui Remote Data Service
  • 95% Web Server Di Dunia has been dead
  • Hacking Web Site with cart32.exe installed
  • Konsep Lain Menjebol Server Webfroot Shutbox
  • Istilah Teknologi Informasi Bahasa Indonesia
  • Mendapatkan account ISP gratis!
  • Mendapatkan Serial Number WinZip 8.1
  • Menghilangkan Password Bios
  • Mengintip Password Linux
  • Menjebol Apache Web Server Melalui Test-Cgi
  • Menjebol Server Melalui Service FTP
  • Pembobolan 1000 Kredit Card di Step-up
  • Penjebolan Server Melalui FTP
  • Hati-hati DLM Mengetikkan Klikbca.Com
  • VIRUS M HEART
  • Bongkar Password Microsoft Acces
  • BUG TELKOMSEL & (FREE Phone ke-CYPRUS
  • Cara Efisien Mendapatkan Puluhan Ribu Email
  • Cara Sederhana membuat virus PHP
  • Cara Singkat Menginfeksi Openssh-3.4p1 Z
  • Cracking GateKeeperm
  • HACKING FOR BEGINNER
  • Hack Windows NT2000XP Admin Password
  • Melewati pembatasan hak akses warnet
  • Melindungi Data dari SQL Injection
  • memainkan fungsi tombol HP
  • Membedah Teknik SQL Injection
  • Bongkar key Windows Dengan @ stake LC4
  • Meminimalkan Biaya Saat menelpon Di Wartel
  • Menangani Virus Lohan
  • MENGACAK-ACAK REGISTRY WARNET
  • Mengelabui Pengejar Hacker
  • Meng-Hack Pesawat Telepon Yang Terkunci
  • Meng-hack PHP-BUg's
  • Kelemahan pasword & login yahoo pd Cgi
  • Trik Penjebolan Sites
  • Ragam Hacking Menggunakan Google
  • Rahasia Teknik Serangan SQL Injenction
  • Teknik Pembuatan Virus Makro Pd XP
  • Seni Internet, Googlingg
  • Situs Hacker Yang Ikut Bermasalah
  • Teknik Hacking Situs KPU Dr segla arah
  • Teknik Menyusup Ke TNP Center KPU
  • Tip N Trik Telephon Gratis Musso
  • Trik Mereset Password Windows 9x
  • TUTORIAL BLOG
  • Menuliskan Script di Blog
  • Membuat Artikel Terkait/Berhubungan
  • Membuat Feed di Blog Dengan Javascript
  • Membuat Navigasi Breadcrumb di Blog
  • Membuat Meta Deskripsi di Halaman Blog
  • Membuat Readmore Versi 1
  • Membuat Read More Otomatis di Blog
  • Membuat Read More Versi 2
  • Membuat Tabs Menu Horizontal
  • Membuat Menu Tab View
  • Membuat Menu Vertikal
  • Cara Memasang Musik Pada Blog
  • Membuat Template Blog Hasil Buatan Sendiri
  • Buat Threaded Comment dgn Intense Debate
  • Membuat Menu DTree
  • Membuat Tab Menu Dengan Banyak Style
  • Menambah Toolbar Baru di Blogspot
  • Cara Membuat Tabel di Blog
  • Cara Membuat Tulisan Berjalan
  • Melakukan Backup Website atau Blog
  • Mendapatkan Free Hosting
  • Membuat Widget Status Twitter pada Blog
  • Manampilkan Profil Facebook di Website (blog)
  • Membuat Avatar Komentar Pada Blogger
  • Membuat Halaman Contact Me pada Blogspot
  • Cara Membuat Status Yahoo Messenger di Blog
  • Mendapatkan Layanan Google Friend Connect
  • Membuat Nomor Page Posting Di Blog
  • Tips dan Trik Menambah Kolom Di Blog
  • Mengatasi "Invalid Widget ID" pada Blogger
  • Membuat Slide Show Album Foto di Blog
  • Membuat Kotak Komentar dibawah Posting
  • Cara Membuat Kotak Link Exchange
  • Membuat Link Download
  • Cara Membuat Dropdown Menu
  • Cara Membuat Buku Tamu
  • Trik Memproteksi Blog
  • Cara Membuat Search Engine
  • Membuat Kategori / Label di Blogger
  • Menghilangkan Navbar (Navigation Bar)
  • Memasang Emoticon di Kotak Komentar
  • Menambah Emoticon di Shoutbox
  • Pasang Jam di Sidebar
  • Memasang Pelacak IP Address
  • Mengganti Tulisan "Older Post / Newer Post"
  • Memasang Alexa Traffic Rank
  • Memasang Tombol Google Buzz
  • Cara Membuat Cursor Animasi
  • Menyembuyikan Buku Tamu
  • 5 Cara Terbaik Mendapatkan Uang Dari Blog
  • Blogging Cepat Dengan BlogThis!
  • 21 Posts Separator Images
  • Mengganti Link Read More Dgn Gambar
  • Cara Menampilkan 10 Artikel Di Recent Posts
  • Offline Blogging Dgn Windows Live Writer
  • Cara Memasang Jadwal Sholat
  • Cara Membuat Daftar Isi Blog Otomatis
  • Membuat Daftar Isi Blog Manual
  • Iklan Google Adsense Di Tengah Artikel
  • Membuat Link Warna - Warni
  • Meletakkan Widget Di Bawah Header
  • Membuat Kotak Scrollbar
  • Memasang Video Di Artikel
  • Kode Warna HTML
  • Home » » Resensi

    Resensi

    Judul               :  Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam
    Penulis             :  Dr. Ahmad Tafsir
    Penerbit           :  PT Remaja Rosdakarya
    Cetakan           :  Ketujuh, Januari 2007
    Tebal               :  208 hal

                Buku yang ditulis Dr. Muhammad Tafsir ini, dibagi kepada 13 bab, yang pada pokok pembahasanya mulai dari bab pertama sampai dengan bab ke-sebelas istilah pendidikan Islam selalu dikaitkan fungsinya. Pada bab pertama ia menyinggung bahwa penyebab rendahnya mutu sekolah Islam antara lain :
    ·         Umat Islam masih memiliki sifat membelakangkan yang wajib, dan mendahulukan yang sunnah
    ·         Kurang memperhatikan mutu pendidikan Islam
    ·         Etos ekonomi belum diubah.

                Menurunya juga rendahnya mutu pendidikan Islam, antara lain disebabkan oleh, sistem manajemennya kurang diperhatikan. Dampak dari itu semua akhirnya ia mengatakan  jumlah lulusan sekolah Islam yang diterima di perguruan tinggi Negeripun sangat sedikit.
                Pada bab kedua tentang Konsep Pengetahuan dalam Islam, ia mengatakan bahwa pengetahuan dibagi menjadi dua, yaitu pengetahuan indrawi dan pengetahuan sains. Pada metode sains ada lagi lanjutan pengetahuannya yaitu  pengetahuan filsafat. Akhirnya ia membagi jenis pengetahuan manusia kepada tiga bagian, yaitu pengetahuan indrawi, sains, dan filsafat.
    Adapun pengetahuan dalam Islam ia menyebutnya dengan pengetahuan agama yang bersumber dari al-Qur’an yang dapat difahami secara filsafat, dan dapat pula difahami secara mistik (menurutnya). Ia menambahkan lagi cara membagi ilmu yang lain, yaitu dibagi kepada dua bagian :
    Pertama, pengetahuan yang diwahyukan
    Kedua, pengetahuan yang diperoleh atau dicari oleh manusia sendiri.
                Pada bab ketiga tentang, Definisi Ilmu Pendidikan Islam Ahmad Tafsir mendefinisikan bahwa Ilmu Pendidikan Islam adalah Ilmu yang badasarkan Islam. Yang dirumuskan bedasarkan  al-Qur’an, hadits, serta akal yang tidak boleh bertentangan dengan jiwa al-Qur’an dan hadits tersebut. Namun ia membedakan antara Filsafat, ilmu, dan Teknik Pendidikan Islam. Pengertian filsafat menurutnya adalah sejenis pengetahuan manusia yang logis saja, tentang objek-objek yang abstrak. Sedangkan untuk definisi Ilmu ia mengartikan bahwa ilmu sejenis pengetahuan manusia yang diperoleh dengan riset terhadap objek-objek yang empiris; menurutnya juga benar tidaknya suatu teori sains (ilmu) ditentukan oleh logis-tidaknya dan ada tidaknya bukti empiris.
                Pada bab ke-empat yang membahas depenisi Pendidikan Dalam Islam, ia menjelaskan bahwa pendidikan itu dibagi kepada dua pengertian sempit dan luas. Sempit berarti mengartikan pendidikan hanya satu sisi/aspek saja, sedankan arti luas menjabarkan kepada seluruh aspek pendidikan.
    Bedasarkan definisi itu maka teori-teori pendidikan Islam sekurang-kurangnya haruslah membahas hal-hal sebagai berikut :
    Pendidikan dalam keluarga :
    ·         Aspek jasmani
    ·         Aspek akal
    ·         Aspek hati
    Pendidikan dalam masyarakat :
    ·         Aspek jasmani
    ·         Aspek akal
    ·         Aspek hati
    Pendidikan di sekolah :
    ·         Aspek jasmani
    ·         Aspek akal
    ·         Aspek hati
    Atau dibalik sebagai berikut :
    Pendidikan aspek jasmani
    ·         Di dalam keluarga
    ·         Di masyarakat
    ·         Di sekolah
    Pendidikan aspek akal :
    ·         Di dalam keluarga
    ·         Di dalam masyarakat
    ·         Di sekolah
    Pendidikan aspek hati :
    ·         Di alam keluarga
    ·         Di dalam masyarakat
    ·         Di sekolah.

                Pada bab ke-lima untuk merumuskan Tujuan Umum Pendidikan Islam, Ahmad Tafsir mengatakan bahwa rumusan Pendidikan Islam tersebut harus Mengetahui dahulu ciri manusia sempurna menurut Islam. Untuk Mengetahui ciri manusia sempurna menurut Islam harus diketahui lebih dahulu hakikat manusia menurut Islam, yang tidak muncul dengan sendirinya.
    Manusia Sempurna Menurut Islam.
    Ahmad Tafsir mengurai ciri-ciri manusia sempurna dalam Islam seperti :
    1.      Jasmani yang sehat serta kuat dan berketerampilan
    2.      Cerdas serta pandai
    3.      Rohani yang berkualitas tinggi/kalbunya penuh iman kepada Allah.
                Pada bab ke-enam, tentang Kurikulum Pendidikan Islam, Ahmad Tafsir tidak membahas secara mendalam, karena menurutnya pembahasan tentang hal ini sudah banyak buku-buku dalam bahasa Indonesia yang membicarakan hal ini, menurutnya para pelajar, para pengelola dan guru pada lembaga pendidikan Islam, sekurang-kurangnya dapat membandingkannya. Adapun ia sendiri akhirnya mnyimpulkan bahwa kurikulum Islam sebenarnya adalah kehendak Allah, maksudnya kerangka kurilulum Islam menempati posisi/otoritas dalam mengatur alam. Adapun kerangka kurikulum tersebut ialah sebagai berikut :
    Ø  Tujuan
    Ø  Isi kurikulum (materi)
    Ø  Metode
    Ø  Evaluasi.

                Pada bab ke-tujuh, ia membicarakan tentang definisi guru dalam pendidikan Islam, kemudian juga membicarakan kedudukan guru dalam Islam yang mana definisi guru menurutnya sama seperti teori Barat yaitu, siapa saja yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak didik, yang mana dalam Islam, orang yang paling bertanggung jawab tersebut adalah orang tua (ayah dan ibu) anak didik. Adapun Kedudukan Guru dalam Pandangan Islam menurutnya sebagai realisasi ajaran Islam itu sendiri terhadap penghormatan kepada ilmu pengetahuan, sehingga guru dan pengetahuannya memiliki posisi yang tinggi. Bagitu tingginya penghargaan itu sehingga menempatkan kedudukan guru setingkat di bawah kedudukan nabi dan rasul.
                Pada bab ke-delapan tentang Dana dan Peralatan dalam Pendidikan Islam, ia menyifatinya secara umum; maksudnya, pembahasan tidak ditujukan khusus kepada jenis-jenis sekolah tertentu. Yang dibahas adalah dana untuk pengelolaan sekolah, yang meliputi : peralatan bagi sekolah, dana pengadaan peralatan dan gaji guru serta petugas sekolah.
    Dalam hal penyekolahan anak Ahmad Tafsir neyarankan agar orang Islam tetap menyekolahkan anaknya kesekolah-sekolah Islam. Alasannya agar pola fikirnya tidak rancu.
                Pada bab ke-sembilan tentang Profesionalisme dalam Pendidikan Islam ia mendefinisikan bahwa yang dimaksud Profesionalisme ialah paham yang mengajarkan bahwa setiap pekerjaan harus dilakukan oleh orang yang professional. Orang yang professional ialah orang yang memiliki profesi.
    Untuk dapat disebut sebagai bidang profess ia membuat kriteria sebagai berikut :
    1.      Profesi harus memiliki suatu keahlian yang khusus.
    2.      Profesi harus diambil sebagai pemenuhan panggilan hidup.
    3.      Profesi memiliki teori-teori yang baku secara universal ( dijalani menurut teori-teorinya)
    4.      Profesi adalah untuk masyarakat, bukan untuk diri sendiri
    5.      Profesi harus dilengkapi dengsn kecakapan doagnostik dan kopetensi aplikatif.
    6.      Pemegang profesi memiliki otonomi dalam melakukan profesinya.
    7.      Profesi hendaknya mempunyai kode etik; ini disebut kode etik profesi.
    8.      Profesi harus mempunyai klien yang jelas,
    9.      Profesi memerlukan organisasi profesi
    10.  Mengenali hubungan profesinya dengan bidang-bidang lain.
    Pandangan Islam tentang Profesionalisme.
    Criteria profesi seperti diuraikan di atas dibagi lagi oleh Ahmad Tafsir menjadi dua kriteria pokok, yaitu :
    Panggilan hidup yang mengacu kepada pengabdian (dedikasi)
    Keahlian mengacu kepada mutu layanan.
    Jadi “dedikasi” dan “keahlian” menurutnya ciri utama suatu profesi; yang mana dengan jelas Islam mementingkan profesi.
    Pekerjaan (profesi ) menurut Islam harus dilakukan karena Allah. Dalam Islam, setiap pekerjaan harus dilakukan secara benar.
    Cara menerapkan profesionalisme di Sekolah-sekolah Islam.
    Untuk meningkatkan mutu sekolah-sekolah Islam, yang terpenting ialah penerapan profesionalisme di sekolah tersebut.

    Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

    0 komentar:

    Poskan Komentar

     
    Support : Creating Website | Tutorq Template | Template
    Copyright © 2011. FAROUQ'S - All Rights Reserved
    Template Modify by Creating Website
    Proudly powered by Blogger