Segmentasi Geografis
Contoh : Dealer Mobil
Mercedes hanya membuka cabangnya di kota-kota besar. Giant Hypermarket tidak
akan membuka cabang di kota kecil.
Segmentasi Demografis
Contoh :
1. Usia
dan Tahap Siklus Hidup : Susu Prenagen untuk Ibu menyusui dan sedang hamil, Susu
Anlene untuk usia <50 tahun dan Anlene Gold untuk >50 tahun.
2.
Jenis
Kelamin : Perusahaan Rabbani membuat pakaian Muslim untuk Wanita yaitu kerudung
dan jilbab dan untuk Pria yaitu baju taqwa/koko.
3.
Penghasilan:
Motor Honda mengeluarkan Supra Fit dengan harga yang relatif murah dibanding Supra
125R.
Segmentasi Psikografis
Contoh : Mobil Mercedes
bercirikan independen, spontan, maskulin, mewah, dan percaya diri. Sedangkan
Daihatsu bercirikan konservatif, hemat, kekeluargaan, dan tidak ekstrem.
Segmantasi Perilaku
Contoh : Obat Promag akan
lebih dipromosikan ketika Bulan Ramadhan, Ramayana akan membuka diskon
besr-besaran ketika menjelang Hari Raya dan Tahun Baru.
Segmentasi Multi-Atribut
(Geoclustering)
Pemasar
tidak lagi membicarakan konsumen rata-rata, atau bahkan membatasi analisis
mereka hanya pada beberapa segmen pasar. Sebaliknya, mereka semakin sering
menggabungkan beberapa variable dalam usaha mengidentifikasi kelompok sasaran yang
lebih kecil dan yang dirumuskan dengan lebih baik. Oleh karena itu, sebuah bank
mungkin tidak hanya mengidentifikasi kelompok pensiunan yang kaya melainkan
juga membedakan beberapa segmen di kelompok tersebut berdasarkan penghasilan,
aktiva, serta tabungan dan preferensi risiko mereka saat ini.
Perkembangan
yang paling menjanjikan dalam segmentasi ,multi atribut dinamakan
geoclustering. Geoclustering menghasilkan gambaran yang lebih kaya mengenai
konsumen dan lingkungan daripada demografi tradisional. Claritas Inc. telah
mengembangkan pendekatan geoclustering yang dinamakan PRIZM (Potencial Rating
Index by Zip Market/Indeks Peringkat Potensi Pasar Berdasarkan Kode Pos) yang
mengklasifikasikan sekitar 500.000 lingkungan perumahan AS menjadi 62
pengelompokan perbedaaan gaya hidup yang dinamakan PRIZM Cluster.
Pengemlonpokan tersebut memperhitungkan 39 faktor yang termasuk kedam\lam 5
kategori yang luas : (1) pendidikan dan kekeyaan, (2) SIKLUS HIDUP KELUARGA,
(3) urbanisasi (4) ras dan etnis (5) mobilitas. Lingkungan dibagi menjadi Kode
Pos (ZIP), ZIP + 4, atau berdasarkan jalur sensus dan grup blok perumahan.
Kelompok/cluster tersebut memiliki nama yang deskriptif yang menggambarkan intisarinya.
PRIZM didasarkan pada pepatah, “manusia cenderung mencari kawan yang berselera
sama”. Penduduk dalam sebuah kelompok cenderung untuk hidup dengan cara yang
sama, mengendarai mobil yang sama, memiliki pekerjaan yang sama, dan membaca
majalah yang sama.
0 komentar:
Posting Komentar