TUTORIAL KOMPUTER
  • 10 Virus Komputer Paling Mematikan Di Dunia
  • Kunci Mempercepat Acces Komputer
  • MENGENAL SISTEM KOMPUTER
  • Sejarah Perkembangan Komputer
  • Informasi computer terkini
  • Mengenal System Software
  • Mengupas Masalah Motherboard
  • Mengupas Detail Tentang CPU
  • Kode Mempercepat Editing Paragraf
  • Memproteksi Folder Dengan Password
  • Macam-Macam Perintah Pada Run Commands
  • Mempercepat Waktu Shutdown
  • Ubah Tampilan Windows
  • Kode Akses Siemens
  • Kode Akses Samsung
  • Kode Akses Sony Ericsson
  • Kode Akses Nokia
  • Seni Photoshop ( Angan Merokok )
  • Menyembunyikan Menu Help Pada Start Menu
  • Menyembunyikan Menu Document Pada Start Menu
  • Menyembunyikan menu Find pada Start Menu
  • Mengembalikan Folder Documents Yang Hilang
  • Memproteksi File
  • Mengganti Icon Drive
  • Mengganti Alignment Pada Drop Down Menu
  • Disable Klik Kanan Pada Taskbar
  • Disable Klik Kanan Pada Dekstop & Explorer
  • Menyembunyikan Menu Start Menu
  • Persentasi Antara Flash Dan Power Point
  • Mengganti Screen Saver Lewat Registry
  • Menghilangkan Username Pada Start Menu
  • Menampilkan Administrator Di Welcome Screen
  • Menyembunyikan My Recent Documents
  • TUTORIAL HACKER
  • Bad Unicode
  • Cara Skip Win Registrasi XP
  • Craking Dengan F.A.R.A.B.I
  • DoS, Serangan yang Belum Tertangkal
  • Hack Dan Prinsip Dasar Psikologis Hack
  • Hacking NT Server Melalui Remote Data Service
  • 95% Web Server Di Dunia has been dead
  • Hacking Web Site with cart32.exe installed
  • Konsep Lain Menjebol Server Webfroot Shutbox
  • Istilah Teknologi Informasi Bahasa Indonesia
  • Mendapatkan account ISP gratis!
  • Mendapatkan Serial Number WinZip 8.1
  • Menghilangkan Password Bios
  • Mengintip Password Linux
  • Menjebol Apache Web Server Melalui Test-Cgi
  • Menjebol Server Melalui Service FTP
  • Pembobolan 1000 Kredit Card di Step-up
  • Penjebolan Server Melalui FTP
  • Hati-hati DLM Mengetikkan Klikbca.Com
  • VIRUS M HEART
  • Bongkar Password Microsoft Acces
  • BUG TELKOMSEL & (FREE Phone ke-CYPRUS
  • Cara Efisien Mendapatkan Puluhan Ribu Email
  • Cara Sederhana membuat virus PHP
  • Cara Singkat Menginfeksi Openssh-3.4p1 Z
  • Cracking GateKeeperm
  • HACKING FOR BEGINNER
  • Hack Windows NT2000XP Admin Password
  • Melewati pembatasan hak akses warnet
  • Melindungi Data dari SQL Injection
  • memainkan fungsi tombol HP
  • Membedah Teknik SQL Injection
  • Bongkar key Windows Dengan @ stake LC4
  • Meminimalkan Biaya Saat menelpon Di Wartel
  • Menangani Virus Lohan
  • MENGACAK-ACAK REGISTRY WARNET
  • Mengelabui Pengejar Hacker
  • Meng-Hack Pesawat Telepon Yang Terkunci
  • Meng-hack PHP-BUg's
  • Kelemahan pasword & login yahoo pd Cgi
  • Trik Penjebolan Sites
  • Ragam Hacking Menggunakan Google
  • Rahasia Teknik Serangan SQL Injenction
  • Teknik Pembuatan Virus Makro Pd XP
  • Seni Internet, Googlingg
  • Situs Hacker Yang Ikut Bermasalah
  • Teknik Hacking Situs KPU Dr segla arah
  • Teknik Menyusup Ke TNP Center KPU
  • Tip N Trik Telephon Gratis Musso
  • Trik Mereset Password Windows 9x
  • TUTORIAL BLOG
  • Menuliskan Script di Blog
  • Membuat Artikel Terkait/Berhubungan
  • Membuat Feed di Blog Dengan Javascript
  • Membuat Navigasi Breadcrumb di Blog
  • Membuat Meta Deskripsi di Halaman Blog
  • Membuat Readmore Versi 1
  • Membuat Read More Otomatis di Blog
  • Membuat Read More Versi 2
  • Membuat Tabs Menu Horizontal
  • Membuat Menu Tab View
  • Membuat Menu Vertikal
  • Cara Memasang Musik Pada Blog
  • Membuat Template Blog Hasil Buatan Sendiri
  • Buat Threaded Comment dgn Intense Debate
  • Membuat Menu DTree
  • Membuat Tab Menu Dengan Banyak Style
  • Menambah Toolbar Baru di Blogspot
  • Cara Membuat Tabel di Blog
  • Cara Membuat Tulisan Berjalan
  • Melakukan Backup Website atau Blog
  • Mendapatkan Free Hosting
  • Membuat Widget Status Twitter pada Blog
  • Manampilkan Profil Facebook di Website (blog)
  • Membuat Avatar Komentar Pada Blogger
  • Membuat Halaman Contact Me pada Blogspot
  • Cara Membuat Status Yahoo Messenger di Blog
  • Mendapatkan Layanan Google Friend Connect
  • Membuat Nomor Page Posting Di Blog
  • Tips dan Trik Menambah Kolom Di Blog
  • Mengatasi "Invalid Widget ID" pada Blogger
  • Membuat Slide Show Album Foto di Blog
  • Membuat Kotak Komentar dibawah Posting
  • Cara Membuat Kotak Link Exchange
  • Membuat Link Download
  • Cara Membuat Dropdown Menu
  • Cara Membuat Buku Tamu
  • Trik Memproteksi Blog
  • Cara Membuat Search Engine
  • Membuat Kategori / Label di Blogger
  • Menghilangkan Navbar (Navigation Bar)
  • Memasang Emoticon di Kotak Komentar
  • Menambah Emoticon di Shoutbox
  • Pasang Jam di Sidebar
  • Memasang Pelacak IP Address
  • Mengganti Tulisan "Older Post / Newer Post"
  • Memasang Alexa Traffic Rank
  • Memasang Tombol Google Buzz
  • Cara Membuat Cursor Animasi
  • Menyembuyikan Buku Tamu
  • 5 Cara Terbaik Mendapatkan Uang Dari Blog
  • Blogging Cepat Dengan BlogThis!
  • 21 Posts Separator Images
  • Mengganti Link Read More Dgn Gambar
  • Cara Menampilkan 10 Artikel Di Recent Posts
  • Offline Blogging Dgn Windows Live Writer
  • Cara Memasang Jadwal Sholat
  • Cara Membuat Daftar Isi Blog Otomatis
  • Membuat Daftar Isi Blog Manual
  • Iklan Google Adsense Di Tengah Artikel
  • Membuat Link Warna - Warni
  • Meletakkan Widget Di Bawah Header
  • Membuat Kotak Scrollbar
  • Memasang Video Di Artikel
  • Kode Warna HTML
  • Home » » Guru dalam Sistem Pendidikan Islam

    Guru dalam Sistem Pendidikan Islam


    Oleh : Ach Farouq Abdullah
    *Mahasiwa Darussalam Universitas*
    Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang pasti mengadakan hubungan atau interaksi dengan orang lain. Interaksi tersebut dapat berupa interaksi yang berlansung dalam bidang social ekonomi, poplitik, pendidikan dan sebagainya. Salah satu dari interaksi tersebut berupa interaksi edukatif yang berarti interaksi yang berlangsung dalam ikatan Tujuan pendidikan[1].
    Guru merupakan wakil orang tua siswa disekolah oleh Karenanya guru yang berstatus sebagai orang tua wajib mengusahakan agar hubungan atau interaksi antar mereka dengan siswa dapat serasi,[2] seperti yang terjadi di dalam rumah tangga. Akan tetapi banyak guru tidak sadar mengetahuinya ketika bagaimana harus bertindak apabila ada siswanya datang kesekolahannya membawa masalah atau membawa perasaan kusut.
    Beberapa orang guru bersikap “tidak mau tahu” dengan urusan siswa. mereka ini merasa bahwa mereka bukan pembimbing sehingga tidak dapat melakukannya, atau bahkan menyatakan bahwa problema yang ada pada siswa bukan menjadi tanggung jawabnya, tetapi pembimbing. Atau mereka akan berpendapat bahwa problema yang ada pada siswa harus disisihkan dari kehidupan sekolah. Karena tugasnya hanya mencerdaskan siswa. Tidak sedikit guru yang berpendapat seperti itu bahwa siswanya seperti majikan berpikir tentang pekerja pabriknya, yaitu bahwa apabila mereka mempunyai masalah, hendaknya ditinggalkan saja dirumah dengan demikian berpikir seperti itu maka mereka bersikap tidak peduli terhadap masalah yang dimiliki siswanya .
    Sikap ini tidak pantas lagi diberi tugas sebagai pendidik propesional karena masalah siswa secara serius akan mempengaruhi proses belajar[3] yang mereka alami di sekolah karena disekolah produksi siswa dipengaruhi oleh kerja otak yang erat kaitanya dengan perasaan yang bermasalah berbeda dengan pabrik produksi dipengaruhi oleh kerja mesin pabrik oleh karena itu dalam keadaan emosi[4]  yang terganggu seperti ini maka upaya dari guru betapapun kerasnya akan tidak banyak manfaatnya bagi muridnya. padahal selama proses mengajar-belajar berlangsung. terjadilah interaksi antara guru dan siswa.[5]
    Kenapa guru tidak berhasil membantu siswa? Pertama : pengenalan dan pemahaman guru terhadap masalah sisa kurang mendalam dan kesedua guru kurang memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk memecahkan masalahnya.
    Thomas Gordon mengemukakan bahwa kunci paling penting untuk menjalin hubungan pengajaran antar guru dengan siswa adalah kemampuan berkomunikasi secara efektif. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Gordon menunjukan bahwa campur tangan guru terhadap pemecahan masalah yang dialami siswa akan lebih berharga dibandingkan dengan cara-cara canggih apapun yang dilakukan oleh bukan mausia. Didalam kegiatan Teacher Effective Training (T.E.T) yang terkenal dan ditangani oleh Gordon, telah diidentifikasikan berbagai kejadian yang dijumpai oleh  guru didalam kehidupan sekolah. sayang hanya sedikit saja guru yang berhasil menyelesaikan kasus siswa dengan baik disebabkan karena pengetahuan dan keterampilan bimbimgan mereka yang kurang memadai.
    Adapun menurutnya untuk mengatasi perilaku sisa yang tidak diterima oleh guru dapat dikelompokan menjadi dua belas kategori
    1.      Meminta, Menyuruh, Mengarahkan
    Misalnya : jangan mengeluh saja! Mulailah bekerja seperti teman lain!
    2.      Mengingatkan , Mengancam
    Misalnya : sebaiknya anda membuat dengan cara lain jika anda ingin mendapat nilai baik
    3.      Memberikan Khotbah, Menasehati, Menyarankan,
    Misalnya :“ anda seyogyanya melupakan masalah anda. tinggalkan masalah anda dirumah karena disekolah ini tugas anda mencari ilmu
    4.      Memberi Nasehat, Menawarkan atau Menyarankan Alternative
    Misalnya :“ cara yang baik untuk anda adalah menyelesaikan soal-soal bagian pertama dulu, baru kemudian berpindah kebagian dua”
    5.      Mengajar memberi kuliah, memberikan argumentasi logis
    Misalnya :“ mari coba kita lihat sisa waktu yang ada. Waktu yang tersedia untuk belajar bagi anda tinggal dua bulan lagi. Seyogyanya anda menyusun jadwal dengan cermat agar tidak ada waktu anda yang tidak terpakai.
    6.      Mempertimbangkan, Mengkritik, Tidak Menyetujui, Menyalahkan
    Misalnya : kamu memang malas, terlalu menganggap ringan masalah ini”
    7.      Memberi Label, Mengatai-Ngatai  Mengklisekan
    Misalnya :” kamu bergaya seperti anak kelas VI saja
    8.      Menginterpretasikan, Menganalisa, Mendiagnosis
    Misalnya :“ kamu agaknya berusaha menghindari tugas ini “
    9.      Memuji, Menyetujui Memberikan Penilaian Positif.
    Misalnya “ anda sebenarnya mempuyai bakat. Saya yakin anda pasti dapat melakukannya, asal anda berusaaha dengan serius.
    10.  Menyakinkan, Manruh Simpati, Memberikan Dukungan .
    Misalnya :“bukan hanya anda sendiri yang mendapat cobaan seperti ini saya pun akan merasa demikian kalau mendapat cobaan yang sama.
    11.  Mengajukan Pertayaan, Memberikan Pancingan, Mencoba Menelusuri, Menguji Kembali
    Misalnya :” benarkah bahwa anda menganggap soal ini sukar?” ,”berapa lamakah anda menyelesaikan tugas ini?”, “ Menggpaa anda masih juga bertahan menunggu dia ?”
    12.     Menarik Diri, Mengalihkan Perhatian, Mengasyikan , Memberikan Humor.
    Misalnya :”mari kita membahas bagian yang menarik ini saja !” nah , sekarang sudah tiba waktunya kita kembali ke masalah kita semula !” rasanya saya melihat sesuatu yang agak kurang beres ya.  Mari coba kita lihat bersama dimana letak kesalahan kita.  

    Pengajaran yang berkualitas adalah pengajaran yang menghasilkan dampak positif yakni terkuasainya pengetahuan. Menurut teori Gilbert dan Levinson menyebutkan bahwa hubungan antara guru dengan siswa dibedakan 2 tipe :
    1.                  Bentuk hubungan kastodial (menjaga)
    Pendekatan ini siswa dipandang selalu dalam keadaan tidak disiplin dan tidak bertanggung jawab. Dengan demikian tugas guru adalah mengamati atau mengontrol sisw dan siap dengan sanksi-sanksi serta hukuman
    2.                  Bentuk humanistic (secara manusiawi )
    Dimana siswa belajar melalui interaksi dan pengalaman. Dengan demikian siswa terlibat dalam kegiatan head to head antar staff pengajar di dalam kelas  demi membantu siswa membentuk dan mengembangkan disiplin pribadi bukan mendisiplinkan mereka.
      
    Penutup
    Guru merupakan spiritual father bagi siswanya. Hal ini disebabkan guru memberikan bimbingan jiwa siswanya dengan ilmu, mendidik dan meluruskan akhlaknya. Menghormati guru berarti penghormatan terhadap anak-anak kita, menghargai guru berarti penghargaan terhadap anak-anak kita. Dengan guru itulah mereka hidup dan berkembang. Bahkan Abu Dardaa melukiskan hubungan guru dan murid itu sebagai pertemanan dalam kebaikan dan tanpa keduanya maka tidak ada kebaikan.



    [1][1] Abu Ahmadi Dan Joko Tri Prasetya.” SBM, Strategi Belajar Mengajar Untuk Fakultas Tarbiyah Komponen MKDK”. Cet 2 (Bandung: Cv Pustaka Setia. 2005). Hal.118
    [2] Seorang ahli didik Amerika pernah mengatakan bahwa perubahan yang terbesar yang terjadi dalam seperempat abad akhir-akhir ini ialah perubahan dalam hubungan antara guru dengan murid, yakni dari hubungan sebagai antara atasan dan bawahan menjadi hubungan persahaban dimana  guru menghormati pribadi anak. Dapat dilihat di Prof. Dr. S. Nasution. M.A .”Didaktik Asas-Asas Mengajar”. Cet.5.(Bandung: Pt Jemmars. 1986). Hal. 25
    [3] Proses belajar mengajar antara guru dengan siswa sangat berpengaruh karena didalam relasi guru dengan siswa yang baik, siswa akan menyukai gurunya, dan proses belajar – mengajar akan lancer dan siswa berusaha mempelajari sebaik-baiknya. Lihat dibuku Slameto.” Belajar Dan Factor-Faktor Yang Mempengaruhinya”. Cet 4 (Jakarta: PT Asdi Mahasatya. 2003). Hal. 66
    [4] Keadaan anak tidak begitu stabil emosinya, sehingga dapat mengganggu belajarnya. Misalnya ada masalah yang kecil saja dapat timbul emosi yang mendalam, sampai menimbulkan gejala-gejala negative tak sadarkan diri, kejang, dan sebagainya. Dalam keadaan emosi yang mendalam ini tentu belajarnya mengalami hambatan-hambatan. Anak-anak semacam ini membutuhkan situasi yang cukup tenang dan penuh pengertian agar belajarnya dapat lancar. Lihat dibuku Drs. H. Abu Ahmadi.” Teknik Belajar Yang Efektif”. Cet 1 (Semarang : Pt.Rineka Cipta. 1990). Hal. 96
    [5] W.S Winkel.” Psikologi Pengajaran.” Cet 4 (Jakarta: Pt Gramedia. 1991). Hal. 132
    Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Support : Creating Website | Tutorq Template | Template
    Copyright © 2011. FAROUQ'S - All Rights Reserved
    Template Modify by Creating Website
    Proudly powered by Blogger