TUTORIAL KOMPUTER
  • 10 Virus Komputer Paling Mematikan Di Dunia
  • Kunci Mempercepat Acces Komputer
  • MENGENAL SISTEM KOMPUTER
  • Sejarah Perkembangan Komputer
  • Informasi computer terkini
  • Mengenal System Software
  • Mengupas Masalah Motherboard
  • Mengupas Detail Tentang CPU
  • Kode Mempercepat Editing Paragraf
  • Memproteksi Folder Dengan Password
  • Macam-Macam Perintah Pada Run Commands
  • Mempercepat Waktu Shutdown
  • Ubah Tampilan Windows
  • Kode Akses Siemens
  • Kode Akses Samsung
  • Kode Akses Sony Ericsson
  • Kode Akses Nokia
  • Seni Photoshop ( Angan Merokok )
  • Menyembunyikan Menu Help Pada Start Menu
  • Menyembunyikan Menu Document Pada Start Menu
  • Menyembunyikan menu Find pada Start Menu
  • Mengembalikan Folder Documents Yang Hilang
  • Memproteksi File
  • Mengganti Icon Drive
  • Mengganti Alignment Pada Drop Down Menu
  • Disable Klik Kanan Pada Taskbar
  • Disable Klik Kanan Pada Dekstop & Explorer
  • Menyembunyikan Menu Start Menu
  • Persentasi Antara Flash Dan Power Point
  • Mengganti Screen Saver Lewat Registry
  • Menghilangkan Username Pada Start Menu
  • Menampilkan Administrator Di Welcome Screen
  • Menyembunyikan My Recent Documents
  • TUTORIAL HACKER
  • Bad Unicode
  • Cara Skip Win Registrasi XP
  • Craking Dengan F.A.R.A.B.I
  • DoS, Serangan yang Belum Tertangkal
  • Hack Dan Prinsip Dasar Psikologis Hack
  • Hacking NT Server Melalui Remote Data Service
  • 95% Web Server Di Dunia has been dead
  • Hacking Web Site with cart32.exe installed
  • Konsep Lain Menjebol Server Webfroot Shutbox
  • Istilah Teknologi Informasi Bahasa Indonesia
  • Mendapatkan account ISP gratis!
  • Mendapatkan Serial Number WinZip 8.1
  • Menghilangkan Password Bios
  • Mengintip Password Linux
  • Menjebol Apache Web Server Melalui Test-Cgi
  • Menjebol Server Melalui Service FTP
  • Pembobolan 1000 Kredit Card di Step-up
  • Penjebolan Server Melalui FTP
  • Hati-hati DLM Mengetikkan Klikbca.Com
  • VIRUS M HEART
  • Bongkar Password Microsoft Acces
  • BUG TELKOMSEL & (FREE Phone ke-CYPRUS
  • Cara Efisien Mendapatkan Puluhan Ribu Email
  • Cara Sederhana membuat virus PHP
  • Cara Singkat Menginfeksi Openssh-3.4p1 Z
  • Cracking GateKeeperm
  • HACKING FOR BEGINNER
  • Hack Windows NT2000XP Admin Password
  • Melewati pembatasan hak akses warnet
  • Melindungi Data dari SQL Injection
  • memainkan fungsi tombol HP
  • Membedah Teknik SQL Injection
  • Bongkar key Windows Dengan @ stake LC4
  • Meminimalkan Biaya Saat menelpon Di Wartel
  • Menangani Virus Lohan
  • MENGACAK-ACAK REGISTRY WARNET
  • Mengelabui Pengejar Hacker
  • Meng-Hack Pesawat Telepon Yang Terkunci
  • Meng-hack PHP-BUg's
  • Kelemahan pasword & login yahoo pd Cgi
  • Trik Penjebolan Sites
  • Ragam Hacking Menggunakan Google
  • Rahasia Teknik Serangan SQL Injenction
  • Teknik Pembuatan Virus Makro Pd XP
  • Seni Internet, Googlingg
  • Situs Hacker Yang Ikut Bermasalah
  • Teknik Hacking Situs KPU Dr segla arah
  • Teknik Menyusup Ke TNP Center KPU
  • Tip N Trik Telephon Gratis Musso
  • Trik Mereset Password Windows 9x
  • TUTORIAL BLOG
  • Menuliskan Script di Blog
  • Membuat Artikel Terkait/Berhubungan
  • Membuat Feed di Blog Dengan Javascript
  • Membuat Navigasi Breadcrumb di Blog
  • Membuat Meta Deskripsi di Halaman Blog
  • Membuat Readmore Versi 1
  • Membuat Read More Otomatis di Blog
  • Membuat Read More Versi 2
  • Membuat Tabs Menu Horizontal
  • Membuat Menu Tab View
  • Membuat Menu Vertikal
  • Cara Memasang Musik Pada Blog
  • Membuat Template Blog Hasil Buatan Sendiri
  • Buat Threaded Comment dgn Intense Debate
  • Membuat Menu DTree
  • Membuat Tab Menu Dengan Banyak Style
  • Menambah Toolbar Baru di Blogspot
  • Cara Membuat Tabel di Blog
  • Cara Membuat Tulisan Berjalan
  • Melakukan Backup Website atau Blog
  • Mendapatkan Free Hosting
  • Membuat Widget Status Twitter pada Blog
  • Manampilkan Profil Facebook di Website (blog)
  • Membuat Avatar Komentar Pada Blogger
  • Membuat Halaman Contact Me pada Blogspot
  • Cara Membuat Status Yahoo Messenger di Blog
  • Mendapatkan Layanan Google Friend Connect
  • Membuat Nomor Page Posting Di Blog
  • Tips dan Trik Menambah Kolom Di Blog
  • Mengatasi "Invalid Widget ID" pada Blogger
  • Membuat Slide Show Album Foto di Blog
  • Membuat Kotak Komentar dibawah Posting
  • Cara Membuat Kotak Link Exchange
  • Membuat Link Download
  • Cara Membuat Dropdown Menu
  • Cara Membuat Buku Tamu
  • Trik Memproteksi Blog
  • Cara Membuat Search Engine
  • Membuat Kategori / Label di Blogger
  • Menghilangkan Navbar (Navigation Bar)
  • Memasang Emoticon di Kotak Komentar
  • Menambah Emoticon di Shoutbox
  • Pasang Jam di Sidebar
  • Memasang Pelacak IP Address
  • Mengganti Tulisan "Older Post / Newer Post"
  • Memasang Alexa Traffic Rank
  • Memasang Tombol Google Buzz
  • Cara Membuat Cursor Animasi
  • Menyembuyikan Buku Tamu
  • 5 Cara Terbaik Mendapatkan Uang Dari Blog
  • Blogging Cepat Dengan BlogThis!
  • 21 Posts Separator Images
  • Mengganti Link Read More Dgn Gambar
  • Cara Menampilkan 10 Artikel Di Recent Posts
  • Offline Blogging Dgn Windows Live Writer
  • Cara Memasang Jadwal Sholat
  • Cara Membuat Daftar Isi Blog Otomatis
  • Membuat Daftar Isi Blog Manual
  • Iklan Google Adsense Di Tengah Artikel
  • Membuat Link Warna - Warni
  • Meletakkan Widget Di Bawah Header
  • Membuat Kotak Scrollbar
  • Memasang Video Di Artikel
  • Kode Warna HTML
  • Home » » Kebijakan-kebijakan pembiayaan dalam perusahaan

    Kebijakan-kebijakan pembiayaan dalam perusahaan

                Di dalam sebuah perusahaan terdapat banyak macam-macam bagian-bagian dari  perusahaan, dan disini saya ingin berbicara satu bagian dari  bagian perusaaan yaitu pembiayaaan, sebelum kita mendirikan sebuah perusahan pasti kita akan memberi nama sebuah perusahan tersebut, yang mana nama tersebut bisa membawa perusahaan tersebut maju dan biasanya nama tersebut diambil untuk doa buat perusahaan dan disini saya ingin memberi nama perusahaan saya dengan nama BPRS. wadiah sejahtera, di dalam pembiayaan terdapat yang namanya kebijakan-kebijakan pembiayaan yaitu, sebagai berikut :
    1.      Prinsip kehati-hatian pembiayaan
    2.      Organisasi dan manajemen pembiayaan
    3.      Kebijakan perseujuan pembiayaaan
    4.      Dokumentasi dan administrasi
    5.      Pengawasan pembiayaan
    6.      Penyelesaian pembiayan bermasalah
    Sebelum saya membuat kebijakan saya ingin mempunyai yang namaya visi dan misi perusahaan saya :
    Visi :  Bersama BPRS wadiah sejahtera kita berantas kemiskinan dengan usaha dan kerja keras.
    Misi : Membuat program usaha bersama demi memajukan rakyat.
    Penbiayaan yang saya buat di perusahaan saya adalah sebagai berikut :
    ·         Mudharobah (bagi-hasil)
    Adalah akad kerja sama sama antara dua belah pihak dimana pihak pertama menyediakan 100% modal, sedangkan pihak lainnya menjadi pengelola.
    ·         Musyarokah (bagi hasil)
    Adalah akad kerja sama antara dua belah pihak atau lebih untuk suatu usaha tertentu dimana setiap pihak memberikan kontribusi dana dan kesepakatan laba dan rugi di tanggung di akhir dengan bersama-sama.
    ·         Murabahah (jual beli)
    Adalah akad jual beli atas suatu barang dengan harga yang disepakati antar penjual dan pembeli, setelah sebelumnya penjual menyebutkan dengan sebenarnya harga perolehan atas barang tersebut dan besarnya keuntungan yang diperolehnya.
    ·         Tabungan
    Sebuah program penghimpunan dana dari masyarakat kepada bank yang bisa diambil sewaktu-waktu dengan ketentuan yang diadakan oleh bank.
    ·         Tabungan haji
    Sebuah tabungan yang bertujuan supaya masyarakat bisa menghemat uangnya untuk di gunakan pergi haji.
    Mungkin untuk pertama kali pendirian perusahaan saya, saya hanya memberi sedikit produk yang ada di perusahaan saya, dan mungkin 1 tahun setelah itu nanti akan saya tambah produk perusahaan saya. Dan disini saya akan berbicara tentang kebijakan-kebijakan yang ada di persahaan saya.
    Dan kebijakan-kebijakan yang ada dalam perusahaan saya adalah sebagai berikut:
    1.      Prinsip kehati-hatian pembiayaaan
    Satu hal akan saya kerjakan adalah saya harus membuat program yang berkenaan dengan pembiayaan dan saya akan berusaha untuk mengawasi jalannya suatu pembayaan tersebut dengan sebenar-benarnya atau adaanya perhatian khusus dari saya karena ini masalah keuntungan, apabila ada keganjalan pada bagian ini kita akan mengalami yang namanya kerugian begitu juga sebaliknya, memisahkan bagian-bagian bembiayaan tersebut, seperti pembiayaan yang bermasalah, yang macet dan yang lancar, karena kalau ini semua digabung akan akan pusing menentukannya mana yang macet dan yang lancar, dan tidak ketahuan mana yang harus di tagih karna macet! saya akan memperhatikan barang jaminan yang ada pada konsumen apakah yang dia pinjam sudah sebanding dengan dengan jaminan yang ia kasih?, dan kita harus melihat orang tersebut apakah dia ada penghasilan nya, Karena kalau tidak ada bagaimana dia akan melunasinya dan saya akan menegaskan syarat-syarat yang ada si dalam perusahaan saya khususnya untuk keryawan-karyawan saya dan saya harus mendidik mereka bersikap tegas supaya orang tidak ada yang meremehkan apabila mereka membuat perjanjian. Dan saya harus memilih orang yang paham sekali tentang pembiayaan khususnya didalam pembiayaaan syariah supaya tak ada orang yang bisa  mengelabui apabila ia melakukan perjanjian dengan bank, dan kita selaku pemilik perusahaan harus bersikap tegas, professional, berani dan lain sebagainya yang berkaitan dengan kemajuan diri mereka.
    2.      Organisasi dan manajeman pembiayaan
    Yang pertama kali saya kerjakan didalam oraganisasi perusahaan saya adalah saya akan membuat formatur yang pas dengan karasteristiknya, misalkan seorang A pintar di dalam sekretaris dan seorang B pintar di dalam matematika/ hitung-hitungan dan apabila saya menaruh A di bendahara dan B di sekretaris hasil yang akan di dapat akan kurtang maksimal karna karyawan tersebut kurang cocok dengan pekerjaannya, dan saya akan membut sebuah peraturan pada setiap bagian-bagian yang ada di perusahaan saya, yang mana peraturan tersebut tak boleh dilanggar oleh setiap karyawan perusahaan saya,  contoh, tidak boleh ada yang terlambat ketika masuk kantor, dan saya akan membuat tulisan peerjaan apa yang mereka harus kerjakan, tulisan ini di buat supaya mereka tau akan pekerjaan merreka masing-masing, setiap minggu saya akan membuat musyawarah bagaimana nantinya perusahaan saya bisa maju ke depan. Dan setiap orang harus mempunyai rasa kepemilikan atas majunya perusahaan saya. Dan kita akan buat yang namanya komite kebijakan pembiayaan, yang mana komite tersebut harus di jabarkan wewenang dan tanggung jawab oleh pejabat yang terkait dalam masalah pembiayaan, komisaris dan direksi perusahaan, dan saya akan memilih ketua komite tersebut dari anggota pembiayaan. Yang mana fungsinya adalah untuk mengatasi masalah-masalah yang ada didalam perusahaan khususnya di dalam pembiayaan. 
    3.      Kebijakan persetujuan pembiayaan
    Kebijakan pembiayaan harus memuat kebijakan persetujuan pembiayaan yang mana ini berguna untuk tidak adanya unsur peremehan dari nasabah tersebut. Saya harus memberikan penetapan batas wewenang persetujuan pembiayaan. Setiap pembiayaan yang diberikan harus sesuai dengan perjanjian pertama dan tak boleh dilanggar untuk menjadikan pembiayaan yang sehat. Perjanjian pembiayaan harus dibuat secar tertlis bentuk dan format sendiri supaya ketika ada keganjalan dalam perjanjian tinggal memberikan surat bukti perjanjian saja.
    4.      Dokumen dan administrasi pembiayaan
    Didalam dokumentasi terdapat banyak surat-surat penting yang harus di jaga jangan sampai hilang atau rusak karena di dokumentasi terdapat semua ketentuan-ketentuan yang berhubungan dengan perusahan, dokumentasi harus dipisah antara semua bagian supaya tidak tercampur dan mudah dicari apabila terkadang terdapat sesuatu keganjalan, penyimpanan dokumentasi harus benar-benar supaya tidak rusak atauu hileng karena di dalam dokumentasi terdapat berbagai macam rahasia perusahaan dan harus adanya pengawasan penuh dari perusahaan khususnya karyawan dibidang dokumentasi. Dan nanti saya juga akan membuat dokumentasi foto dari pertama kali dibuat sampai perusahaan saya mempunyai cabang.
    5.      Pengawasan pembiayaan.
    Yang pertama kali saya tekan kan adalah memberikan kekuasaan kepada satu orang karyawan saya untuk menjadi seorang yang mengawasi jalannya pembiayaan, dan pengawasan ini harus secara terus menerus supaya tidak ada konflik di dalam perjanjian yang sudah di sepakati di depan. Dan di dalam pengawasan ini bukan hanya karyawan tetapi juga terhadap nasabah-nasabah yang membuat perjanjian kepada perusahan kita. Dan di dalam prusahaan pasti ada yang namanya pelaporan keuangan yang mana laporan tersebut di laporkan ke bank Indonesia, dan laporan ini harus valit, supaya kepercayaan bank Indonesia kepada kita semakin menigkat, saya harus memberikan ketentuan-ketentuan kepada nasabah tentang produk pembiayaan apa yang mereka ambil, memberikan pelatihan-pelatihan kepada costumer servise karena bagian ini harus bisa apabila suatu saat di Tanya nasabah harus bisa menjawab, dan yang namanya costomer servise harus paham betul yang namaya pembiayaan. Saya harus memantau kecukupan jumlah penyisiahan dokumen pembiayan supaya mendapatkan hasil yang optimal.
    6.      Penyelesaian pembiayaan bermasalah.
    Didalam pembiayan mermasalah jangan di tutup-tutupi karena bisa dijadikan alas an nantinya oleh nasabah tersebut. Setiap hari harus menyelidiki orang yang mempunyai pembiayan bermasalah, orang yang terlambat memberikan pembiayan harus kita kasih peringatan supaya tidak menjadi unsur peremehan yang mulai timbul dari diri nasabah tersebut. dan yang lebil dari 1 atau bulan belum membayar harus kita ambil tindakan yaitu dengan mengambil kembali semua jaminannya. Dan kita harus ber sikap tegas dan berani .menghadapi nasabah yang seperti itu.   

    Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Support : Creating Website | Tutorq Template | Template
    Copyright © 2011. FAROUQ'S - All Rights Reserved
    Template Modify by Creating Website
    Proudly powered by Blogger