Pada umumnnya mengatur belajar yang efektif terdapat dalam bagaimana siswa bermain dengan
waktu, keadaan, dan kesempatan. Akan tetapi banyak diantara kita masih
mengalami masalah-masalah ketika belajar misalnya :
- Kesukaran dalam mengatur waktu
- Tidak dapat memusatkan perhatian dengan baik
- Kesadaran terhadap minat
- Kebiasaan membaca lambat
Kita mengetahui, bahwa belajar diiperguruan tinggi
adalah suatu usaha yang berat. Ilmu yang diterima dari meja kuliah atau hasil
penelitan tidak mungkin dimiliki dengan usaha yang ringan dan singkat. Karena itu
para mahasiswa harus mengatur waktu dengan baik untuk belajar, harus mengikuti
kuliah secara tertib, membaca buku – buku pengetahuan, mengahafal berbagai
teori dll.
Banyak mahasiswa telah belajar giat, tetapi usaha
itu tidak memberikan hasil yang diharapkan. Sebab bekerja keras saja belum
tentu menjamin seseorang akan lulus dalam ujian. Disamping bekerja giat dan
tekun diperlukan pula strategi belajar yang efektif dan inilah yang harus
dikenal, dipahami dan dipraktekan oleh setiap mahasiswa agar studinya berhasil.
Apa Itu Belajar Efektif?
- Belajar yg menyenangkan.
- Terjadwal dengan baik.
- Tidak memakan banyak waktu.
- Hasilnya maksimal.
Mengapa siswa perlu memiliki sikap belajar yang
efektif dan efisien?
- Untuk keberhasilan
- Untuk kesempurnaan
Mengapa harus terjadwal & menyenangkan?
- Dalam bekerja otak kita juga dipengaruhi oleh kondisi fisik kita.
- Kalau kondisi fisik kita capek, otak kita tidak dapat bekerja dgn maksimal.
- Kalau otak kita tdk bekerja dgn maksimal, informasi yg kita terima tidak dapat disimpan dengan baik oleh ingatan kita.
- Akibatnya informasi yg pernah kita terima tidak dapat kita pergunakan lagi saat kita membutuhkannya.
Ingat’….ingat’….
Belajar kebut semalam tidak efektif & tidak bermanfaat buat anda
Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Dalam Belajar
Efektif?
- Ciptakan EMOSI POSITIF, emosi yang positif akan mempengaruhi kinerja otak kita.. (Pemindaian otak menunjukkan bahwa cuping depan kiri anda menjadi aktif jika anda merasakan emosi positif - David Gamon, Ph.D),
- Ciptakan MINAT dengan bertanya : Apa Manfaatnya Bagi AKu (AMBAK)? (tanyakan pada diri anda : "Bagaimana aku dapat memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari?" - Bobbi de Porter)
- Temukan GAYA BELAJAR-mu, Apakah VISUAL, OAUDITORIAL atau KINESTETIK?
- Memperhatikan KEMAMPUAN dan WAKTU yang anda butuhkan dalam belajar.
- Pilih TEMPAT dan SUASANA yang nyaman.
- Gunakan MUSIK LEMBUT yang dapat membantu konsentrasi belajar.
- Buatlah PETA PIKIRAN untuk membantu mengingat dan memahamimateri yang dipelajari, otak kita lebih mudah mengingat informasi berupa gambar, bentuk-bentuk dan suara. Jadi Peta Pikiran (Mind Map) ini sangat efektif.
Rencana Jadwal Belajar Efektif
- Beri waktu yang cukup untuk tidur, makan dan kegiatan hiburan
- Prioritaskan tugas-tugas.
- Luangkan waktu untuk diskusi atau mengulang bahan sebelum kelas
- Atur waktu untuk mengulang langsung bahan pelajaran setelah kelas.
- Ingatlah bahwa kemungkinan terbesar untuk lupa terjadi dalam waktu 24 jam tanpa review.
- Jadwalkan waktu 50 menit untuk setiap sesi belajar.
- Pilih tempat yang nyaman (tidak mengganggu konsentrasi) untuk belajar.
- Rencanakan juga "deadline".
- Jadwalkan waktu belajarmu sebanyak mungkin pada pagi/siang/sore hari.
- Jadwalkan review bahan pelajaran mingguan.
- Hati-hati, jangan sampai diperbudak oleh jadwalmu sendiri!
Penutup
Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan pembelajaran
kita.:- Pelajari dasar-dasar peningkatan kemampuan ingatan - ada teknik-teknik tertentu yang dapat membantu kita untuk meningkatkan kemampuan mengingat, yang tentu saja akan bergantung pada daya ingat dan cara belajar seseorang. Beberapa hal yang bisa kita pelajari misalnya tehnik mind map, mnemonik dll.
- Pelajari dan terapkan hal-hal yang baru. Satu cara untuk menjadi pembelajar efektif adalah dengan terus belajar. Dengan mengulangi pembelajaran hal-hal baru dan memprakekkannya, kita sedang membangun jalur jaringan di otak yang akan memperkuat koneksi kita dengan informasi yang baru tersebut
- Belajar dengan cara yang berbeda. Jelas setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda. Namun jika kita mau mempelajari cara belajar yang lain (visual, audio, kinestetik) ataupun metode pembelajaran yang lain, otak akan dapat menaruh informasi tersebut di beberapa tempat yang berbeda, yang akan memudahkan pemanggilan informasi tersebut.
- Ajarkan apa yang sudah kita pelajari pada orang lain - salah satu cara terbaik untuk mempelajari sesuatu adalah dengan mengajarkannya pada orang lain. Tentunya setelah melewati proses internalisasi dan translasi, di mana kita akan mengajarkan dengan cara dan metode yang cocok dengan cara kita sendiri dan bukan sekedar menjiplak. Menulis blog adalah salah satu cara untuk mengajarkan sesuatu dengan cara yang berbeda kepada orang lain.
- Gunakan pembelajaran terdahulu untuk mempelajari hal yang baru. Ini disebut pembelajaran relasional, di mana kita akan melibatkan informasi yang baru pada hal-hal yang sudah kita ketahui.
- Praktekkan – cari pengalaman. Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran adalah dengan mempraktekkannya – dan bukan sekedar mempelajari atau menulis sesuatu tentang informasi tersebut.Praktekkan pengetahuan baru secara rutin!
- Carilah jawaban dan bukan sekedar mengingat - sebisa mungkin jika kita sedang berusaha mengingat suatu informasi, lebih baik kita melakukan riset untuk mendapatkan jawabannnya. Jika kita terbiasa mengingat suatu informasi, ada kecenderungan kita akan melupakan informasi tersebut di masa depan. Hal ini terjadi karena dengan mengulangi percobaan mengingat, kita sedang merekam aktivitas secara negatif dan bukannya positif dalam ingatan kita.
- Pahami bagaimana cara terbaik untuk belajar – setiap orang unik, termasuk dalam cara dan strategi pembelajarannya. Semakin kita memahami keunikan, kekuatan dan kelemahan kita, semakin kita dapat belajar secara efektif
- Gunakan ujian untuk meningkatkan pembelajaran – ujian menolong kita untuk dapat mengingat informasi yang diujikan dalam jangka waktu yang lebih lama
0 komentar:
Posting Komentar